Eurosatory 2016: Otokar Tampilkan APC TULPAR-S - Radar Militer

18 Juni 2016

Eurosatory 2016: Otokar Tampilkan APC TULPAR-S

APC TULPAR-S Otokar
APC TULPAR-S Otokar
Otokar, perusahaan swasta industri pertahanan terbesar dari Turki, berpartisipasi dalam Eurosatory 2016 dengan membawa enam kendaraan lapis baja yang berbeda. Otokar memperkenalkan salah satu kendaraan lapis baja beroda rantai (tracked) baru, yaitu Armored Personnel Carrier (APC) TULPAR-S untuk pertama kalinya di Eurosatory, yang diselenggarakan di Paris antara tanggal 13 sampai 17 Juni. TULPAR-S tampil dengan mobilitas, perlindungan dan kemampuan amfibi yang unggul.
Otokar, sebuah perusahaan Koc Grup dan merupakan pemasok utama sistem persenjataan darat Angkatan Bersenjata Turki, berpartisipasi dalam Eurosatory juga dengan kendaraan-kendaraan lain yang didesain oleh Otokar, antara lain kendaraan lapis baja Arma 8x8, Arma 6x6, Cobra II, Cobra dan Ural. Selain itu, pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai tank tempur utama Turki Altay, yang dikembangkan oleh Otokar sebagai kontraktor utama.
TULPAR-S adalah anggota baru dari keluarga kendaraan beroda rantai ringan generasi baru dari Otokar. TULPAR-S merupakan platform kendaraan beroda rantai amfibi 15 ton, yang pertama kali diperkenalkan dalam konfigurasi Weapon Carrier Vehicle selama IDEF 2015, di Istanbul. Penampilannya pada Eurosatory 2016 dalam konfigurasi pengangkut personel lapis baja (APC).
TULPAR-S mampu beroperasi dalam kondisi lingkungan dan medan terburuk dan mampu bertahan dari ancaman yang biasanya muncul di medan perang. Kendaraan ini mampu melintasi rintangan air yang dalam dan berenang dalam kondisi bergelombang dengan kemampuan amfibi-nya. TULPAR-S dapat membawa komandan, pengemudi dan delapan penumpang dengan perlengkapan penuh. Akses ke kendaraan melalui ramp yang dioperasikan secara hidrolik, yang dilengkapi dengan escape door pada ramp tersebut, terletak di bagian belakang kendaraan. Sopir dan Komandan dapat mengakses kendaraan melalui palka mereka masing-masing di dek atas kendaraan.
TULPAR-S memiliki armor modular yang memungkinkan kendaraan untuk dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk perlindungan tambahan dalam tingkat perlindungan yang berbeda. Perlindungan balistik TULPAR-S didukung dengan struktur double layer welded yang tahan ranjau, shock absorbing floating floor, kursi awak tahan ledakan ranjau dan spall liner di kabin awak kendaraan.
TULPAR-S memiliki mesin diesel 6 silinder, inline, berdaya 360 HP dan 4 gigi transmisi ke depan, 2 gigi transmisi ke belakang dengan torque converter. Selain itu, kendaraan ini dapat menjaga kinerja mobilitasnya dalam berbagai kondisi iklim dengan pack pendingin udara yang dikembangkan oleh OTOKAR. Kendaraan ini bisa melampaui hambatan vertikal setinggi 800 mm dan parit dengan lebar maksimum 2,6 m. Kendaraan ini mampu mengatasi lereng hingga 60% dan kemiringan samping hingga 30%. Sistem suspensinya berupa torsion bar dengan peredam kejut dan terdapat opsional track karet dan track baja dengan bantalan (pad) yang dapat diganti.
Dipamerkan pada pameran Eurosatory 2016, TULPAR-S dalam konfigurasi APC, dilengkai dengan RCWS Otokar BASOK. RCWS BASOK adalah sebuah stasiun senjata yang distabilkan dengan senapan mesin 7,62mm, yang dirancang untuk kendaraan tempur lapis baja. Sistem ini menggunakan kamera CCD siang hari dan kamera termal. Sistem ini dikendalikan dari jauh oleh komandan kendaraan dengan layar multi-fungsi, unit kendali dan handle. Turret RCWS ini juga bisa dikendalikan secara manual dalam keadaan darurat.
Sumber : http://armyrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb