Rusia-AS Sepakat Tingkatkan Koordinasi di Suriah - Radar Militer

20 Juni 2016

Rusia-AS Sepakat Tingkatkan Koordinasi di Suriah

Pesawat Tempur Rusia
Pesawat Tempur Rusia

Pemerintah Rusia dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mencapai kesepakatan untuk meningkatkan koordinasi kala melakukan serangan di Suriah. Ini dilakukan guna mencegah adanya insiden di udara, atau salah melakukan serangan.
Melalui sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pejabat militer dari kedua negara telah sepakat pada kebutuhan untuk meningkatkan koordinasi di Suriah. Kesepakatan ini dicapai kala pejabat kedua negara melakukan konferensi video.
Sementara itu, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/6), pihak Kementerian Pertahanan AS sampai saat ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai kesepakatan dengan Negeri Beruang Merah itu.
Pengumuman itu datang sehari setelah Pentagon mengatakan telah mempertanyakan Moskow mengenai serangan udara Rusia yang dilakukan terhadap pasukan oposisi Suriah yang didukung AS, pekan lalu. Pentagon mengatakan, Moskow telah gagal untuk mengindahkan peringatan AS.
Namun, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov langsung menepis tudingan tersebut. Ia mengatakan, serangan Rusia yang dilancarkan Rusia berjarak 300 Km dari wilayah yang AS katakan sebagai basis pemberontak moderat.

Serang Pemberontak Suriah, AS Minta Penjelasan Rusia

Pentagon mempertanyakan serangan udara Moskow terhadap pasukan oposisi Suriah yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini. Pentagon menyatakan, pasukan Rusia telah gagal mengindahkan peringatan AS untuk menghentikan serangan.
"Para pejabat Departemen menyatakan bahwa Rusia terus melakukan serangan, bahkan setelah AS mencoba untuk memberitahu pasukan Rusia melalui saluran yang tepat dari pasukan koalisi tentang pasukan kontra ISIS, menciptakan masalah keamanan untuk AS dan pasukan koalisi," kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/6/2016).
Para pejabat pertahanan AS telah meminta Moskow untuk memberikan tanggapan atas keprihatinan AS itu. "Kedua belah pihak menegaskan kembali perlunya untuk mematuhi langkah-langkah guna meningkatkan keselamatan operasional dan menghindari kecelakaan dan kesalahpahaman di ruang udara di atas Suriah," kata Cook.
Sebelumnya, Rusia disebut telah menyerang basis pemberontak Suriah yang didukung oleh AS di al-Tanf, Suriah selatan. Sejumlah pemberontak Suriah tewas akibat serangan itu, setelah Rusia gagal mengindahkan panggilan AS lewat saluran darurat guna menghentikan serangan.
Terkait hal itu, Rusia menyatakan bahwa pemberontak moderat dan ekstremis Islam berjuang di lokasi yang berdekatan, sehingga sulit untuk membedakan diantara kedua kelompok.
Sumber : http://international.sindonews.com/read/1117961/41/rusia-as-sepakat-tingkatkan-koordinasi-di-suriah-1466330454

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb