India akan Sewa Kapal Selam Nuklir Kelas Akula Kedua dari Rusia - Radar Militer

19 Juli 2016

India akan Sewa Kapal Selam Nuklir Kelas Akula Kedua dari Rusia

Kapal Selam Nuklir Kelas Akula
Kapal Selam Nuklir Kelas Akula

India telah menyetujui untuk menyewa kapal selam bertenaga nuklir kelas Akula kedua dari Rusia.
"India menyetujui untuk menyewa sebuah kapal selam Project 971 yang akan ditarik dari Angkatan Laut Rusia," Sputnik mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Kommersant pada hari Selasa (11/07).
Sebelum konfirmasi resmi tentang sewa kapal selam nuklir kedua tersebut, telah muncul spekulasi pada bulan Februari tahun ini tentang India akan menyewa satu kapal selam nuklir lainnya dari Rusia setelah keberhasilan INS Chakra, kapal selam kelas Akula yang telah di sewa dari Rusia selama sepuluh tahun. "Hull kapal selam telah siap, tetapi harus di-refurbish sesuai kebutuhan India setelah tercapai kesepakatan," kata Duta Besar Rusia untuk India Alexander M Kadakin.
INS Chakra masuk dalam kedinasan Angkatan Laut India sekitar empat tahun yang lalu. Puas dengan kinerjanya, India menambahkan lebih banyak kapal selam nuklir kelas tersebut untuk armadanya. Sementara itu kapal selam nuklir buatan India, INS Arihant sedang menjalani sea trial. INS Arihant dibuat dengan dukungan teknis dari Rusia dan India berencana untuk membuat lebih banyak kapal selam sejenis dimasa depan.
Kapal selam kelas Akula kelas memiliki jejak akustik yang sangat rendah dan dapat membawa sampai 12 rudal jelajah luncur-kapal selam dengan hulu ledak nuklir dengan jarak 3.000 kilometer (1.860 mil) di samping rudal anti-kapal dan torpedo.
Sumber : http://defenseworld.net/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb