Militer Turki Blokir Rumah Senjata Nuklir AS Pasca Kudeta - Radar Militer

18 Juli 2016

Militer Turki Blokir Rumah Senjata Nuklir AS Pasca Kudeta

Militer Turki Blokir Rumah Senjata Nuklir AS
Militer Turki Blokir Rumah Senjata Nuklir AS
Akses keluar masuk pangkalan udara Incirlik, Adana, Turki diblokir oleh otoritas militer setempat pada Sabtu 15 Juli. Padahal, pangkalan tersebut menjadi rumah bagi senjata nuklir Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu utama Turki di Pakta Pertahanan Atlantik (NATO).
Tindakan itu diambil setelah upaya kudeta militer yang berlangsung pada Jumat 15 Juli 2016 malam waktu setempat berakhir dengan kegagalan. Turki sempat menuduh AS ikut menjadi dalang dalam kudeta tersebut.
“Otoritas setempat membatasi akses keluar masuk Pangkalan Udara Incirlik. Listrik juga sudah diputus. Silakan hindari pangkalan tersebut sampai beroperasi normal kembali,” tulis Konsulat Jenderal AS di Adana, sebagaimana dikutip Russia Today, Minggu (17/7/2016).
Penutupan pangkalan udara Incirlik mengakibatkan upaya perlawanan terhadap ISIS yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan AS di Irak dan Suriah. Pangkalan tersebut dijadikan markas utama bagi jet-jet tempur untuk melakukan serangan udara terhadap ISIS.
Namun, menurut laporan Sabah Daily, mengutip laporan dari Konsulat AS, akses keluar masuk Pangkalan Udara Incirlik telah pulih kembali. Penerbangan di atas wilayah udara Turki yang sempat diskors juga sudah pulih kembali.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/07/17/18/1439861/militer-turki-blokir-rumah-senjata-nuklir-as-pasca-kudeta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb