E-2D Hawkeye AL AS Akan Dikerahkan ke Pasifik - Radar Militer

12 Januari 2017

E-2D Hawkeye AL AS Akan Dikerahkan ke Pasifik

E-2D Hawkeye AL AS
E-2D Hawkeye AL AS

Pesawat AEW&C (airborne early warning and control) Northrop Grumman E-2D Hawkeye pada Februari dikerahkan untuk bergabung sebagai bagian dari pasukan CVW-5 (Carrier Air Wing-5) di Jepang, demikian diinformasikan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy/USN), Kamis (5/1/2016).
Pengerahan E-2D tersebut merupakan sebagai bagian dari usaha Pentagon yang lebih luas untuk menyeimbangkan kawasan Asia Pasifik. Angkatan Laut AS mengirim ke Jepang VAW-125 (Carrier Airborne Early Warning Squadron 125) mereka, yang mana unit pertama sebagai transisi dari E-2C ke E-2D.
VAW-125 akan bermarkas di Stasiun Udara Korps Marinir (Marine Corps Air Station/MCAS) Iwakuni dan menggantikan VAW-115, sebuah skadron yang dilengkapi dengan E-2C dan akan dipindahkan ke California pada pertengahan tahun ini untuk melakukan transisi ke model D.
Pesawat sayap tetap CVW-5, termasuk Skadron VAW, bergerak dari fasilitas udara Angkatan Laut Atsugi ke MCAS Iwakuni.
Angkatan Laut AS berencana memindahkan 75 E-2D (Jepang telah memesan dua platform yang sama) dan pengiriman dijadwalkanakan berlangsung selama tahun 2025 bersamaan dengan model C yang mulai memasuki masa pensiun tahun ini. Fery Setiawan
Sumber : http://angkasa.co.id/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb