India Tawarkan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Akash ke Vietnam - Radar Militer

12 Januari 2017

India Tawarkan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Akash ke Vietnam

Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Akash
Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Akash

India telah menawarkan untuk menjual sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) Akash buatannya ke Vietnam.
Negara Asia Tenggara itu di masa lalu pernah membeli kapal dari India dan sikapnya yang menentang Tionkok di Laut China Selatan memudahkan New Delhi untuk menjual peralatan pertahanan ke negara tersebut.
Akash adalah sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah yang dikembangkan oleh Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan (Defence Research and Development Organisation - DRDO) dan mampu menghantam dan menghancurkan pesawat, rudal, helikopter dan drone hingga 30 kilometer jauhnya.
Rudal Akash merupakan pengganti untuk SA-6 Kvadrat buatan Rusia milik Angkatan Darat India, berbagai media melaporkan. Rudal Akash memiliki keunggulan dibandingkan Kvadrat, yang dirancang tiga dekade lalu, dalam hal akurasi sasaran dan daya tembak.
Sementara Vietnam berniat mencari transfer teknologi dan kemungkinan produksi bersama, India awalnya ingin menawarkan sistem rudal tersebut dalam bentuk jadi.
Insentif bagi Vietnam untuk membeli senjata India tersebut salah satunya berupa kredit pertahanan senilai $ 500 juta ke Vietnam yang diperpanjang ketika kunjungan PM India Modi ke negara itu pada tahun lalu.
Selain menjual sejumlah kapal perang ke Hanoi, Delhi telah menawarkan rudal jelajah supersonik BrahMos dan torpedo anti-kapal selam Varunastra ke negara itu di masa lalu.
India juga melatih pilot pesawat tempur Vietnam dan awak kapal selam dimana kedua negara tersebut sama-sama mengoperasikan peralatan militer Rusia.
Sumber : http://defenseworld.net/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb