Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari Asal Spanyol, Puji Kinerja dan Gaya Komunikasi Pasukan TNI - Radar Militer

20 Januari 2018

Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari Asal Spanyol, Puji Kinerja dan Gaya Komunikasi Pasukan TNI

Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari
Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari  

Komandan Sektor Timur United Nations Interim Force In Lebanon (Unifil) Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari mengunjungi Kompi C Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil atau Indonesia Battalion (Indobatt) di UN-Pon 9-2 Az-Ziqqiyah,Lebanon Selatan, Senin 15 Januari 2018 waktu setempat.
Dalam kunjungan tersebut, jenderal asal Spanyol itu mengapresiasi kinerja Pasukan Garuda XXIII-L misi perdamaian PBB.
"Keberadaannya diterima oleh masyarakat Lebanon dan telah berhasil berkomunikasi dengan warga sekitar, khususnya yang berada di wilayah terlarang yang selama ini susah menerima keberadaan United Nations," kata Javier, dalam siaran pers Pusat Penerangan TNI, Selasa (16/1/2018).
Kedatangan Javier beserta delegasi ke Kompi C disambut langsung oleh Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto didampingi Komandan Kompi C Kapten Mar Taufiq Hidayat serta beberapa perwira lainnya.
Kemudian Javier mengelilingi markas kompi serta menaiki anjungan peninjauan, dilanjutkan dengan pengecekan fasilitas-fasilitas perlengkapan di Kompi C. Dia mengatakan, Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dipercaya untuk mengemban tugas yang besar.
Menurut dia, wilayah operasional Kompi C sangat vital. Daerah ini merupakan alur masuk pengungsi dari Suriah dan Palestina menuju Lebanon. “Tingkatkan terus kesiapan dan kewaspadaan tentang hal-hal yang menonjol serta selalu berkoordinasi dengan LAF (Lebanese Armed Forces) untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah ini,” tuturnya.
Menurut dia, Lebanon masih memiliki daerah-daerah yang dinilai rawan bagi Unifil, akan tetapi Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil di bawah pimpinan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto berhasil memasuki daerah-daerah tersebut dan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat.
“Persepsi masyarakat Lebanon terhadap kehadiran prajurit TNI asal Indonesia sangat positif dan simpatik karena keramahannya mereka berkenan menerima kehadiran Satgas Indonesia Battalion atau Indobatt,” ungkapnya.
Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Kompi C untuk Javier yang diserahkan oleh Komandan Kompi C, Kapten Mar Taufiq Hidayat. (Adam Prawira)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb