Su-57, Jet Siluman Generasi Kelima Rusia akan Operasional dalam Waktu Dekat - Radar Militer

09 Januari 2018

Su-57, Jet Siluman Generasi Kelima Rusia akan Operasional dalam Waktu Dekat

Sukhoi Su-57
Sukhoi Su-57 

Pesawat tempur generasi kelima Rusia PAK-FA atau yang resmi dikenal sebagai Sukhoi Su-57 akan dioperasionalkan dalam waktu yang sangat dekat, dikutip dari media Rusia RT (6/1). Hal tersebut diungkapkan oleh UAC/ OAK, perusahaan yang menginduki bisnis pabrik pesawat tempur Sukhoi, melalui akun Facebooknya.
Walaupun tidak menyebutkan jangka waktu yang spesifik, saat ini sudah ada 9 purwarupa T-50 yang selesai dibuat dan diterbangkan, plus satu lagi yang sedang dalam penyelesaian. Jumlah ini, ditambah unit produksi baru, bisa saja cukup untuk membentuk satu skadron evaluasi bagi AU Rusia, dimana jumlah produksi awal yang jadi pesawat aktif di garis depan merupakan suatu hal yang biasa di Rusia.
Skadron pertama tersebut akan bertugas untuk menyempurnakan doktrin dan strategi yang akan digunakan oleh pilot-pilot Su-57 generasi berikutnya, mengingat inilah kali pertama Rusia mengoperasikan pesawat tempur dengan penciri siluman. Pengalaman yang baru diperoleh AU Rusia dalam operasi di Suriah tentu akan diintegrasikan dengan kemampuan Su-57 untuk memberikannya keunggulan di medan operasional.
Su-57 yang akan diserahkan untuk angkatan pertama akan menggunakan mesin yang sama dengan mesin Su-35S Flanker-E mengingat mesin generasi baru Product 30 masih dalam masa pengembangan. Apabila Su-57 dengan mesin Product 30 sudah operasional, maka jet tempur ini dapat memiliki fitur supercruise atau terbang di atas kecepatan suara tanpa harus menyalakan afterburner.
Karena beda jadwal antara pengembangan mesin dan pesawat itulah AU Rusia masih belum berharap banyak pada Su-57 generasi pertama. Mereka hanya akan membeli sejumlah sampel sampai mesin Product 30 siap untuk mentenagai Su-57 generasi kedua, yang diperkirakan makan waktu paling lama tiga tahun terhitung sejak penerbangan perdana Su-57 dengan satu mesin Product 30 pada 5 Desember 2017. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb