GAZ-330 Tigr, Macan Lapis Baja Bertaring Ganas - Radar Militer

28 Februari 2018

GAZ-330 Tigr, Macan Lapis Baja Bertaring Ganas

GAZ-330 Tigr
GAZ Tigr 

Rusia menjadi salah satu negara yang berani melakukan ubahan ekstrim, atau boleh dibilang revolusioner. Jika rantis sejatinya cukup dipasangi senjata mesin berat saja, Rusia dua langkah lebih maju. Dikutip dari Tass (25/2) mereka memodifikasi rantis GAZ-330 Tigr (macan) dengan memberikannya kanon berukuran besar.
Tigr yang digunakan oleh Kementerian dalam negeri Rusia menggunakan mesin GAZ-562 3.200cc turbodiesel dengan daya 197hp. Sosoknya gagah dan berukuran besar, bolehlah disandingkan dengan Humvee dari Amerika Serikat.
Seluruh tubuhnya dilapis panel balistik tebal dengan sudut-sudut kaku. Seluruh jendela dilindungi dengan kaca balistik, termasuk bagian depan, panel pintu depan, dan dua kaca berbentuk kapsul di belakang yang dilengkapi dengan lubang tembak untuk memasang senapan serbu ke arah luar.
Nah, dalam pameran International Army Technical Forum 2016, perusahaan VPK (Voyenno-Promishlennaya Kompaniya) menampilkan konsep Tigr yang revolusioner: kendaraan tak berawak plus kubah RCWS (Remote Controlled Weapon System) Uran-9 dengan kanon tembak cepat Shipunov 2A72 kaliber 30x165mm, yang merupakan kanon standar pada kendaraan tempur BMP-2.
VPK membuat kendaraan ini bekerjasama dengan 766th UPTK JSC (Upravlenie Proizvodstvenno-Tekhnologicheskoi Komplektacii) atau Departemen Rekayasa dan Manufaktur. Tampilan kendaraan jelas lebih sangar, karena biasanya Tigr paling banter dipasangi senapan mesin seperti Kord 12,7mm.
Untuk alat bidik, disediakan boks kamera di atas pangkal laras, yang diisi dengan kamera yang distabilisasi, televisi pencahayaan rendah, laser designator untuk mengukur jarak, serta sistem komputer balistik yang mampu mengunci dan menjejak sasaran secara otomatis.
Pemasangan kanon berukuran besar ini merupakan satu strategi untuk melariskan Tigr ke pasaran dunia terutama bagi militer berkantong pas-pasan. Dengan platform pengusung 4x4, harganya sudah pasti jauh lebih murah, tapi sanggup menggasak tank. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb