Si Radar Terbang A-50 Mainstay Ikut Dikirim ke Suriah - Radar Militer

28 Februari 2018

Si Radar Terbang A-50 Mainstay Ikut Dikirim ke Suriah

A-50 Mainstay
A-50 Mainstay 

Walaupun bintang penggelaran Angkatan Udara Rusia ke Suriah baru-baru ini adalah Su-57 PAK-FA, secara strategis sesungguhnya pesawat paling penting dalam ‘rombongan sirkus maut’ yang baru mendarat di Suriah sebenarnya adalah pesawat A-50U Mainstay.
Seperti dikutip dari Al Masdar News (24/2), dalam rombongan pesawat AU Rusia, ada satu unit A-50U SRDLO, akronim Rusia untuk AWACS (Airborne Early Warning and Control System). Bukan sekali ini saja A-50U menyambangi Suriah, sejak 2017 kehadirannya sudah terendus sejak 2017 oleh intelijen Israel.
AU Rusia tercatat memiliki empat unit A-50U yang dikembangkan dari basis pesawat angkut Il-76. Seperti pesawat AWACS milik AS, A-50U membawa radar berputar di punuknya dari tipe Izdeliye RM Mission dengan intinya ada pada radar Shmel-M.
Radar ini bekerja pada rentang pita S, dengan dua antena planar di dalam piringan dengan diameter 12 meter yang dipasang pada dua pylon di atas badan pesawat. Piringan ini berputar sebanyak enam putaran per menit.
Radar Shmel-M sendiri bisa mendeteksi sasaran yang terbang di udara sampai jarak 600 kilometer dengan mode pencarian konstan, atau dalam pulse mode untuk mendeteksi sasaran permukaan sampai jarak 300 kilometer. Artinya A-50U punya peran strategis baik untuk kekuatan darat maupun udara. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb