AL Inggris Menuai Polemik, Kawal Kapal Perang Rusia dengan Kapal Patroli Nelayan - Radar Militer

01 Maret 2018

AL Inggris Menuai Polemik, Kawal Kapal Perang Rusia dengan Kapal Patroli Nelayan

HMS Marsey (P283) AL Inggris
HMS Marsey (P283) AL Inggris 

Penggunaan kapal patroli HMS Marsey (P283) AL Inggris yang sejatinya merupakan kapal pengawas nelayan dan perikanan untuk mengawal kapal perang Rusia yang termasuk kapal pengumpul data intelijen Feodor Golovin, kapal pendarat Alexander Ostrakovskiy dan kapal tanker Yelnya terus menuai polemik, seperti dikutip dari The Telegraph (24/2).
Petisi online Navy Lookout yang dibuat untuk “mempromosikan AL Inggris dan melawan pelemahannya” mengatakan “Jelas sangat menguatirkan bahwa kita tidak memiliki lebih banyak fregat di sekitar pantai Inggris untuk tugas ini, tapi ini adalah masalah merespon dengan aset yang tersedia.”
Luke Skipper, mantan ketua Grup Westminster dari Partai Nasional Skotlandia mengatakan, “kurang dari lima tahun lalu AL Inggris bilang bahwa kapal patroli bukanlah kapal yang tepat untuk tujuan ini. Saya berpikir apa yang sudah berubah?”
Kementerian Pertahanan pun mempertahankan penggunaan kapal patroli dan bukannya fregat untuk membayangi kapal Rusia. “Kami selalu menggunakan kapal yang tepat untuk tugas itu, dan jika anda lihat foto gugus tugas itu, anda akan lihat bahwa kapal patroli adalah pilihan tepat untuk misi ini.”
Kapal patroli HMS Mersey (P283) dan 34 awaknya memang mendadak dipanggil dari tugas patroli perlindungan nelayan mereka untuk mencegat trio kapal perang Rusia yang sudah mendekati Channel. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb