Project 22800 Karakurt Rusia, Kecil, Lincah dan Mematikan dengan Harga Murah - Radar Militer

01 Maret 2018

Project 22800 Karakurt Rusia, Kecil, Lincah dan Mematikan dengan Harga Murah

Project 22800 Karakurt Rusia
Project 22800 Karakurt Rusia 

Korvet kelas Karakurt (Laba-laba Hitam) atau Project 22800 adalah korvet bersenjata rudal yang merupakan salah satu desain kapal generasi baru Rusia. AL Rusia saat ini memang semakin mengandalkan kapal berukuran kecil tapi daya gebuknya maksi karena dilengkapi dengan rudal jelajah dan rudal anti kapal.
Seperti diberitakan Tass (23/2), Armada Baltik AL Rusia akan menjadi salah satu yang mengoperasikan Korvet Karakurt secara perdana yakni Uragan dan Taifun yang baru saja selesai dipasangi senjata. Dengan bobot hanya 800 ton, korvet ini didesain untuk beroperasi pada perairan dalam, sanggup berpatroli selama 15 hari, dan persenjataannya sangat berat.
Komplemen senjatanya termasuk satu meriam 76mm OTO Melara dan dua sel vertikal UKSK yang sanggup membawa 8 buah rudal Kalibr-NK untuk menyerang sasaran darat, atau P-800 Oniks alias Yakhont untuk menjebol lambung kapal lawan. Pertahanan dirinya juga trengginas karena dilengkapi sistem Pantsir-M 3M89 dengan kanon ganda AK-630M dan rudal anti pesawat Sosna-RA.
Namun sebenarnya yang paling membuat tergiur untuk adopsi Karakurt bagi TNI AL adalah harganya. Karakurt dalam kondisi tanpa senjata banderolnya hanya 35 juta Dolar AS, atau setara dengan tiga unit kapal patroli KCR-60M.
Dengan desain yang lebih stealthy dan senjata lebih banyak, rasanya pantas kalau Karakurt dilirik sebagai opsi untuk dilisensikan dari galangan kapal Pella.
Dibandingkan kapal-kapal perang buatan Eropa yang banderolnya mahal, kapal kecil tapi potensi besar seperti Karakurt layak dilirik, apalagi TNI AL pun perlu realistis karena anggarannya memang juga terbatas, sementara reorganisasi Komando Armada menjadi tiga sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo. Jadi bagaimana menurut pembaca TSM? (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb