AU Malaysia Terima Sistem Pengisian BBM di Udara untuk Airbus A400M - Radar Militer

01 Maret 2018

AU Malaysia Terima Sistem Pengisian BBM di Udara untuk Airbus A400M

Sistem Pengisian BBM di Udara untuk Airbus A400M
Sistem Pengisian BBM di Udara untuk Airbus A400M 

Dikutip dari Jane’s (25/2), TUDM (Tentera Udara Diraja Malaysia) atau Angkatan Udara Malaysia baru-baru ini telah menerima sistem pengisian bahan bakar minyak di udara untuk pesawat angkut serbaguna Airbus A400M yang disebut WARPS (Wing Mounted Aerial Refuelling Pods).
Sistem pengisian bahan bakar di udara berbentuk pod tersebut dibuat oleh perusahaan Cobham dari Inggris. Sistem tersebut terdiri dari 908E WDE (Wing Dispense Unit) dan 808E HDU (House Drum Unit). Pengumuman serah terima tersebut diumumkan sendiri oleh perusahaan Cobham di akun Twitternya.
Seluruh A400M yang dibeli oleh TUDM sendiri dikonfigurasi untuk melakukan pengisian bahan bakar di udara, namun TUDM hanya membeli dua set WARPS. Selebihnya TUDM masih akan mengandalkan KC-130H untuk melakukan pengisian bahan bakar di udara.
Sistem pengisian bahan bakar di udara untuk KC-130H TUDM sendiri juga dibeli dari Cobhham. Selain pesawat angkut tersebut, Su-30MKM TUDM juga bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara dengan sistem pod Cobham 754 Buddy Refuelling Pod. TUDM mengatakan bahwa A400M sudah melakukan pengisian bahan bakar di udara ke F/A-18D Hornet, Su-30MKM, dan Hawk 108/208. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb