Saat Arab Saudi Memilih Drone Wing Loong I Buatan China - Radar Militer

01 Maret 2018

Saat Arab Saudi Memilih Drone Wing Loong I Buatan China

Drone Wing Loong I
Drone Wing Loong I 

Seperti diberitakan Jane’s (25/2), TNI AU mengakuisisi empat unit drone Wing Loong I buatan perusahaan CAIG/ aviv China. Jauh sebelum TNI AU membeli Wing Loong, drone asal China itu patut berterima kasih kepada Pangeran Salman dari Arab Saudi. Lho kenapa?
Jawabannya adalah karena Pangeran Mohammed bin Salman yang juga putra mahkota Kerajaan Arab Saudi adalah orang yang mendorong penggunaan Wing Loong I di luar China. Alkisah beliau pusing karena AS walaupun sahabat dekat Arab Saudi, tetapi tidak mau menjual drone canggih seperti MQ-9 Reaper dan juga MQ-1 Predator.
Akhirnya, sang Pangeran seperti diberitakan Al Arabiya (12/6/17) menemui Jenderal Wang Guanzhong, salah satu petinggi PLA (People’s Liberation Army). China menyambut secara terbuka keinginan Pangeran Salman untuk memiliki drone, yang terwujud dalam bentuk Wing Loong, CH-4 (Chai Hong-4), dan CH-5.
Tiada kesulitan bagi Pangeran Mohammed bin Salman untuk membeli Wing Loong I, apalagi harganya sangat murah, bisa sekitar 1 juta Dolar AS, hanya sepersepuluhnya dari MQ-1 Predator. Wing Loong I pun kemudian berhasil menabalkan reputasinya di medan perang Yaman. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb