Inggris Menyembunyikan Dukungan Senjata ke Arab Saudi - Radar Militer

08 Maret 2018

Inggris Menyembunyikan Dukungan Senjata ke Arab Saudi

Bisnis Senjata Inggris ke Arab Saudi
Bisnis Senjata Inggris ke Arab Saudi 

Middle East Eye Monitor (5/3) memberitakan bahwa Inggris sebenarnya menyembunyikan dukungan besarnya kepada Arab Saudi di Yaman. Arab Saudi yang membutuhkan banyak senjata canggih dan amunisi nampaknya dipasok oleh Inggris lebih besar dari yang diberitakan.
Hal ini bisa ditelusuri dari penerbitan lisensi penjualan senjata yang ternyata banyak diterbitkan untuk tujuan yang tidak jelas oleh Pemerintah Inggris. Hal ini mengemuka di saat Pangeran dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman akan mengunjungi Inggris untuk menemui PM Theresa May.
Secara normal Inggris telah menjual senjata berupa jet tempur dan amunisi senilai 6,4 Milyar Dolar AS ke Arab Saudi sejak 2015, namun kemudian banyak melakukan penjualan susulan berupa komponen dan suku cadang yang dibagi menjadi paket kecil-kecil sehingga tidak menarik perhatian publik.
Menteri Luar Negeri Bayangan dari Partai Buruh Emily Thornberry mengatakan bahwa Pemerintahan PM Theresa May berusaha menyembunyikan kontribusi mereka dalam perang Yaman yang sulit dan berlarut-larut.
LSM CAAT (Campaign Against Arms Trade) mencatat bahwa tahun lalu saja ada penerbitan 36 lisensi untuk 707 komponen militer atau punya fungsi ganda yang diterbitkan untuk ekspor ke Arab Saudi, naik drastis dari 28 lisensi dan 163 komponen pada 2015. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb