Pesawat Angkut Militer An-26 Rusia Jatuh di Suriah, 32 Awak dan Prajurit Gugur - Radar Militer

08 Maret 2018

Pesawat Angkut Militer An-26 Rusia Jatuh di Suriah, 32 Awak dan Prajurit Gugur

Pesawat Angkut Militer An-26 Rusia
Pesawat Angkut Militer An-26 Rusia 

Situs Berita Perancis AFP (6/3) memberitakan bahwa satu pesawat angkut taktis An-26 milik AU Rusia telah mengalami kecelakaan pada saat hendak mendarat di Pangkalan Udara Khmeimim Suriah, menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 32 orang.
Kementerian Pertahanan Rusia mengabarkan ada 26 penumpang dan 6 orang awak, walaupun tidak dijelaskan apakah ada penumpang sipil di dalam pesawat nahas tersebut.
“Alasan dari jatuhnya pesawat tersebut, menurut informasi yang kami terima, adalah kerusakan teknis,” ujar Kementerian Pertahanan yang membantah laporan bahwa pesawat baling-baling itu jatuh karena tembakan dari arah darat.
An-26 itu sudah dalam final approach mendekati landasan ketika kemudian pesawat nampak kehilangan keseimbangan dan jatuh. AU Rusia menyiapkan komisi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan, termasuk apakah ada pelanggaran prosedur.
An-26 sendiri merupakan tulang punggung transpor ringan untuk membawa prajurit, amunisi, dan perbekalan untuk mendukung para prajurit di garis depan sejumlah propinsi Suriah. Dengan kehilangan ini, secara total Rusia sudah kehilangan 77 prajuritnya dalam lima tahun keterlibatan Rusia di Suriah. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb