Sukhoi Ajukan Syarat untuk Mendesain Ulang Su-57 Versi Kapal Induk - Radar Militer

03 Maret 2018

Sukhoi Ajukan Syarat untuk Mendesain Ulang Su-57 Versi Kapal Induk

Ilustrasi
Ilustrasi 

Sputnik (1/3) memberitakan bahwa perancang Su-57 dari Biro Desain Sukhoi yaitu Sergey Korotkov sudah menyanggupi untuk membuat Su-57 yang bisa lepas landas dan mendarat dari kapal induk. Namun ada satu syarat yang tidak bisa ditawar.
Syarat itu adalah bahwa ia minta agar Su-57 didesain ulang bersama dengan desain baru kapal induk AL Rusia yang rencananya akan dibuat dalam lima tahun mendatang.
Sergey perlu tahu rancang bangun sistem EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch System) yang merupakan sistem pengganti ketapel uap berbasis percepatan elektromagnetik yang meluncurkan jet tempur kapal induk dengan kecepatan tinggi sehingga bisa lepas landas.
Kapal induk baru Rusia didesain akan menggunakan EMALS, dari yang saat ini hanya menggunakan dek yang dibuat melandai (ski jump). Desain kapal induk Rusia saat ini tidak memungkinkan jet tempur seperti Su-33 atau MiG-29K lepas landas dengan muatan penuh.
Bobot penuh Su-57 sendiri jelas jauh lebih tinggi dari Su-33 ataupun MiG-29K, jadi perencanaan Su-57 versi maritim memang memerlukan studi yang baik, agar mampu memanfaatkan teknologi baru EMALS secara lebih maksimal, terutama soal kapabilitas gotong senjata dan juga bahan bakar. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb