SAAB Menerima Pesanan Carl Gustaf M4 untuk AD Australia - Radar Militer

08 September 2018

SAAB Menerima Pesanan Carl Gustaf M4 untuk AD Australia

Carl Gustaf M4
Carl Gustaf M4  

Pabrikan sistem persenjataan asal Swedia, Saab, menerima pesanan dalam jumlah yang tidak disebutkan Carl-Gustaf M4 84mm multi-purpose weapon systems. Pesanan ini akan disalurkan kepada Angkatan Darat Australia.
Australia resmi menjadi pembeli keenam Saab untuk Carl-Gustaf M4 sejak diluncurkan pada akhir 2014. Sesuai rilis saabgroup.com, pengiriman Carl-Gustaf M4 akan dilaksanakan pada 2020.
“Dengan diperkenalkannya versi M4, AD Australia akan memiliki senjata dengan teknologi terbaru, peningkatan ergonomi meningkatkan fleksibilitas taktis untuk menghadapi sebagian besar situasi di medan perang,” jelas Görgen Johansson, kepala area bisnis Saab Dynamics.
Versi terbaru senjata model panggul Carl-Gustaf M4 ini mempertahankan semua keefektifan dan keserbagunaan sistem Carl-Gustaf yang telah terbukti.
Termasuk desain bobot lebih ringan (kurang dari 7 kg), counter bulat, fitur keselamatan dan kecerdasan yang ditingkatkan seperti kompatibel dengan sistem bidik masa depan dan amunisi yang dapat diprogram.
Senjata ini sepenuhnya kompatibel dengan semua jenis amunisi.
Carl-Gustaf M4 84mm memiliki berat 6,7 kg yang menjadikannya tiga kilogram lebih ringan dari Carl-Gustaf M3 dan setengahnya dari versi M2 yang memiliki berat 14,2 kg.
Pemangkasan bobot ini diraih Saab lewat pembuatan laras tak berulir dari paduan titanium alloy. Bahan ini didapuk mampu mengurangi 1,1 kg (dibandingkan laras baja M3).
Sementara casing luarnya dari komposit serat karbon/ epoksi yang lebih baik (mengurangi 0,8 kg).
Desain ulang ini berfungsi untuk mengurangi ukuran Carl-Gustaf, sehingga total panjang M4 turun hingga di bawah 1.000mm. (Beny Adrian)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb