China Gelar Parade Militer, AS Uji Coba Rudal Baru di Pasifik - Radar Militer

06 Oktober 2019

China Gelar Parade Militer, AS Uji Coba Rudal Baru di Pasifik


Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba senjata terbarunya di Pasifik. Uji coba ini dilakuka bertepatan dengan parade militer yang dilakukan oleh China saat peringatan 70 tahun partai komunis berkuasa di negara itu.
Berlokasi di perairan Guam, kapal perang AS USS Gabrielle Giffords menembakkan Naval Strike Missile (NSM). NSM adalah rudal jelajah peluncur laut yang sulit terdeteksi oleh radar dan dapat bermanuver untuk menghindari pertahanan musuh.
AS Uji Coba Rudal Baru di Pasifik
AS Uji Coba Rudal Baru di Pasifik 
NSM bersama dengan berbagai senjata lain ditembakkan dari sejumlah kapal fregat AS, termasuk kapal perang USS Ford, yang ditarik ke Pasifik untuk bertindak sebagai target dalam latihan yang disebut SINKEX.
Latihan SINKEX yang berlangsung langsung hari Selasa di Pasifik juga memperlihatkan rudal yang diluncurkan dari pesawat Angkatan Laut AS lainnya, bom dijatuhkan dari pesawat pembom B-52 Angkatan Udara AS, dan rudal Harpoon diluncurkan dari dua kapal fregat Angkatan Laut Singapura.
"Latihan ini memberikan peluang penting untuk pelatihan di laut yang realistis dengan persenjataan hidup, kondisi yang tidak dapat diduplikasi sebaliknya," kata komandan latihan tersebut, Kapten Angkatan Laut AS Matthew Jerbi, dalam sebuah pernyataan.
"Pelatihan bersama mitra Singapura kami dalam latihan kompleks seperti ini sangat berharga," sambungnya seperti dikutip dari CNN, Jumat (4/10/2019).
Kolonel Singapura Lim Yu Chuan mengatakan latihan itu adalah platform yang berharga bagi kedua angkatan laut untuk memperkuat kerja sama dan interoperabilitas bersama.
"Dengan ruang pelatihan luas yang tersedia di perairan Guam, latihan ini juga memberikan RSN (Angkatan Laut Singapura) kesempatan untuk melakukan latihan kelas atas dengan cakupan dan kompleksitas substansial," kata Lim.
USS Gabrielle Giffords adalah kapal tempur littoral (LCS) yang dirancang untuk beroperasi di perairan dangkal di sekitar garis pantai dan pulau-pulau. Dia menjadi kapal Angkatan Laut AS pertama yang dipasangkan NSM dari jenisnya.
Para pejabat Angkatan Laut kepada sub-komite Layanan Senat Angkatan Bersenjata awal tahun ini mengatakan sebagian besar kapal dalam armada LCS Angkatan Laut AS, yang pada akhirnya akan berjunlah lebih dari 30, direncanakan dipersenjatai dengan NSM.
Kunci dari rudal NSM adalah jangkauannya yang lebih dari 100 mil, 30% lebih jauh dari rudal Harpoon yang digunakan Angkatan Laut AS dalam kapasitas anti-kapal saat ini.
Selain itu kemampuan untuk bekerja dengan drone helikopter memungkinkan kapal LCS untuk menargetkan sasaran di luar apa yang bisa dilihat oleh radarnya sendiri.
Para analis mengatakan keberadaan kapal perang itu membantu bahkan menyeimbangkan kekuatan di Pasifik, di mana China telah meningkatkan persenjataan rudal dalam hal kualitas dan kuantitas.
Mantan kapten Angkatan Laut AS yang sekarang menjadi instruktur di Universitas Hawaii Pacific, Carl Schuster mengatakan, China saat ini tengah menikmati keuntungan 3 berbanding 1 dalam kekuatan rudal jelajah di atas AS. Tetapi keberadaan NSM akhirnya dapat "mengubah permainan."
"Pentagon sedang membangun pasukan militer yang dapat beroperasi dengan basis yang lebih berkelanjutan dan memiliki peluang lebih baik untuk bertarung dan bertahan hidup dalam sampul penolakan wilayah, anti-akses PLA yang mematikan," kata analis pertahanan senior Rand Corp Timothy Heath, merujuk pada campuran kapal, pesawat terbang, dan rudal yang dikumpulkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China untuk mengendalikan bagian-bagian Pasifik.
PLA memamerkan banyak persenjataan baru pada Selasa lalu di Beijing, mulai dari rudal balistik antarbenua hingga drone kapal selam baru.
"Ini untuk menunjukkan berapa banyak kemajuan yang telah dibuatnya, dan seberapa jauh lebih maju dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang, China memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mempertahankan diri. Negara itu layak mendapatkan perlakuan yang sama dan adil dari kekuatan lain," ucap peneliti senior Pusat Carnegie Tsinghua Center dan analis militer Tong Zhao.
Sebagian besar ketegangan AS-China difokuskan pada Laut China Selatan, salah satu wilayah yang paling diperebutkan di dunia. Beberapa negara mengklaim bagian dari kawasan niaga yang padat itu, tetapi klaim Beijing sejauh ini merupakan yang paling ekspansif, mencakup sebagian besar lautan.(Berlianto)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb