TNI Siapkan Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-N UNIFIL TA 2019 - Radar Militer

06 Oktober 2019

TNI Siapkan Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-N UNIFIL TA 2019


Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan Satgas Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N UNIFIL yang akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).
Kontingen Garuda XXIII-N UNIFIL TA 2019
Kontingen Garuda XXIII-N UNIFIL TA 2019 
Hal itu disampaikan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Victor H Simatupang saat memimpin upacara penyiapan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N UNIFIL di Markas PMPP TNI, Sentul Bogor, Rabu (2/10/2019).
Komandan PMPP TNI mengatakan, para prajurit Satgas Yonmek TNI yang mengikuti Pre Deployment Training ( PDT) di PMPP saat ini berjumlah 850 orang, dan merupakan prajurit-prajurit terpilih melalui seleksi yang ketat dan sulit.
“Satgas (Yonmek TNI Konga XXIII-N) ini akan bertugas di Lebanon selama satu tahun menggantikan Satgas TNI yang akan berakhir masa tugasnya dalam waktu dekat, “ujarnya.
Dikatakan Victor lebih lanjut, pada pembekalan kali ini, peserta yang merupakan gabungan dari satuan jajaran TNI (tiga matra) ini mendapatkan pembekalan materi tentang Core Pre Deployment Training Material (CPTM), Core Pre Deployment Training (CPDT), materi teknis, materi pendukung dan beberapa materi aplikasi yang dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
“Yang tidak kalah pentingnya, personel Satgas juga harus memahami karakterisitik wilayah Lebanon yang tentu saja berbeda dengan negara kita, baik dari sudut geografis, demografis maupun kondisi sosial budayanya,” katanya.
“Semua materi yang diberikan kepada peserta PDT merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur) dan ROE (Rule Of Engagement) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan,” imbuhnya.
Personel Satgas Yonmek Konga XXIII-N UNIFIL akan dipimpin oleh Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo S.Sos M.I.Pol (Akmil 2001)
“Sebagai satuan utama, Yonif 726/TML dari Kodam XIV/Hasanuddin dan dipimpin Danyonif, yaitu Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo”, terangnya.
Selain menekankan tentang peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada seluruh prajurit yang hadir, Victor mengharapkan agar pembekalan latihan pra tugas ini dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dengan disertai kesungguhan, dedikasi dan disiplin yang tinggi
“Sehingga mendapatkan hasil yang optimal serta meningkatkan profesionalisme prajurit dan kerja sama antar unit/tim serta pelihara kecakapan dan keterampilan teknis maupun taktis, serta terakhir memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan latihan, baik personel dan materil,” pungkasnya.(Puspen TNI)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb