Baju Iron Man Bakal Dipakai Tentara Amerika - Radar Militer

18 April 2016

Baju Iron Man Bakal Dipakai Tentara Amerika

The Tactical Assault Light Operator Suit (Talos)
The Tactical Assault Light Operator Suit (Talos)

Manakala terjadi tindak kejahatan, Tony Stark dapat langsung memanggil baju besinya. Baju antipeluru ini menutupi seluruh tubuh dan membuatnya bisa terbang. Senjatanya, berupa sinar laser, terpasang pada tangan baju zirahnya. Kemampuan lainnya adalah melihat segala informasi di layar dengan tembus pandang seperti yang dimiliki Google Glass.
Dengan aneka peralatan itu, Tony menjadi Iron Man, tokoh pahlawan dalam film laga Hollywood. Kini kehebatan Iron Man sedang dicoba ditiru Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Komando Operasi Khusus Amerika Serikat, yang menggandeng sejumlah universitas, laboratorium, dan industri teknologi, memberi nama baju tempur itu The Tactical Assault Light Operator Suit (Talos).
Baju itu terbuat dari lapisan bahan cerdas dilengkapi sensor, untuk melindungi pasukan dalam pertempuran. Dengan baju baja tempur ini, tentara Amerika mampu membawa beban yang jauh lebih berat dan tentu saja kebal peluru.
Laksamana Bill McRaven, pemimpin divisi operasi khusus, menjelaskan baju baja tempur ini terilhami kematian anggotanya di Afganistan. "Seorang anak buah kami dibunuh Taliban pada saat menyelamatkan sandera," kata McRaven seperti dikutip dari laman Mashable.
Norman Wagner, profesor teknik kimia di University of Delaware, Amerika Serikat, menggunakan nanoteknologi untuk membuat materi berbahan cairan. Ketika peluru mengenainya, baju tempur itu akan berubah menjadi cangkang kuat yang sulit ditembus. "Partikel-partikel ini mengorganisasi diri dengan cepat, secara lokal, di mana mereka tidak dapat mengalir lagi dan menjadi benda solid," kata Wagner.
Selain meningkatkan kemampuan fisik pemakainya, baju Iron Man meningkatkan indra visual tentara dengan menampilkan gambaran menyeluruh medan perang. Rencananya, Talos bakal dipakai tentara khusus pada tahun ini.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/news/2016/04/16/061763121/baju-iron-man-bakal-dipakai-tentara-amerika

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb