Perusahaan Otokar Turki Siap Memulai Produksi Massal MBT Altay - Radar Militer

07 April 2016

Perusahaan Otokar Turki Siap Memulai Produksi Massal MBT Altay

MBT Altay Turki
MBT Altay Turki
Menurut situs Hurriyet Daily News, Perusahaan Pertahanan Turki Otokar sekarang telah siap untuk memulai produksi massal tank tempur utama (main battle tank - MBT) pertama buatan lokal yang disebut sebagai Altay. Altay dirancang untuk menjadi salah satu tank tempur utama tercanggih didunia dan akan menjadi tulang punggung Angkatan Bersenjata Turki.
"Jika kami ditugaskan untuk tugas itu, kami telah siap untuk memenuhi semua kewajiban dengan sensitivitas dan ambisi tertinggi dalam proyek tank Altay, yang merupakan proyek sistem darat terbesar Turki," kata board chairman Otokar, Ali Koç pada tanggal 3 April, sebagaimana dikutip oleh Anadolu Agency.
"Kami siap untuk melakukan pekerjaan itu, dengan sumber daya manusia, dari subkontraktor hingga para pekerja, pengalaman, kemampuan dan semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi negara kami," kata chairman Otokar.
Produksi massal tank Altay adalah salah satu agenda utama dalam tujuan masa depan Otokar. Otokar, sesuai dengan perjanjian “Modern Tank Production Project with National Opportunities – 1st Period Turkish Main Combat Tank Design and Prototype Production Main Agreement” yang ditandatangani dengan Kantor Wakil Menteri untuk Industri Pertahanan (SSM) pada tahun 2008, telah menyelesaikan proses pengembangan dan produksi prototipe tank tersebut.
Sementara system qualification dan acceptance test user sedang berlangsung, usulan produksi serial telah disampaikan kepada SSM pada tanggal 18 Januari sesuai dengan kesepakatan dan jadwal proyek. Setelah evaluasi yang dilakukan oleh Asosiasi Industri Pertahanan dan Penerbangan Turki, opini mengenai proses produksi massal akan disusun.
2nd Period Mass Production Project Altay akan meliputi produksi sejumlah 250 tank dan kegiatan dukungan logistik terintegrasi-nya.
Prototipe pertama tank tempur utama Turki Altay dirancang dan dikembangkan oleh OTOKAR, perusahaan Industri Pertahanan swasta terbesar Turki dan diresmikan di fasilitas OTOKAR di Sakarya pada tanggal 15 November 2012.
Prototipe pertama Altay hingga saat ini telah mencapai lebih dari 2.000 kilometer selama dilakukan pengujian.
Persenjataan utama Altay adalah meriam smoothbore 120 mm kaliber 55 yang cocok untuk berbagai jenis amunisi. Perusahaan Turki MKE ditugaskan untuk memproduksi persenjataan utama meriam 120 mm kaliber 55 dengan transfer teknologi dari Hyundai Rotem, Korea Selatan.
Tank tempur utama Altay buatan Turki telah diminati oleh banyak negara antara lain Pakistan dan negara-negara Teluk.

Sumber : http://armyrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb