Intersepsi Jet AS, China Langgar Kesepakatan Kedua Negara - Radar Militer

28 Mei 2016

Intersepsi Jet AS, China Langgar Kesepakatan Kedua Negara

Pesawat Tempur China
Pesawat Tempur China
Amerika Serikat memprotes intersepsi jet tempur mereka oleh angkatan udara China di atas laut sengketa, Laut China Selatan, pekan lalu. Menurut AS, China melanggar kesepakatan kedua negara soal aturan main di udara.
Reuters memberitakan pada Kamis (26/5), AS dan China menandatangani kesepakatan tahun lalu soal perilaku dalam pertemuan kedua jet tempur di udara dan pembentukan hotline militer kedua negara.
Pencegatan pesawat AS pekan lalu menurut Pentagon adalah pelanggaran kesepakatan tersebut karena dinilai tidak aman.
"Peninjauan dari intersepsi China terhadap salah satu dari pesawat mata-mata kami menunjukkan bahwa intersepsi itu tidak aman berdasarkan Nota Kesepahaman dengan China dan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional," kata juru bicara Kementerian Pertahanan AS Bill Urban.
Menurut Pentagon, insiden itu terjadi pekan lalu saat pesawat militer AS berada di wilayah udara internasional tengah melakukan patroli rutin. Tiba-tiba dua jet tempur J-11 China terbang 15 meter dari pesawat EP-3 milik AS. Peristiwa ini terjadi di timur Pulau Hainan.
Juru bicara Kementerian Pertahanan China Yang Yujun membantah hal itu dan mengatakan jet tempur mereka telah bertindak secara profesional dan sesuai dengan kesepakatan kedua negara.
Dia juga mengatakan, cara terbaik agar hal serupa tidak terjadi adalah dihentikannya penerbangan oleh militer AS di wilayah itu.
Kesepakatan kedua negara soal perilaku di udara mencakup hal yang luas, mulai dari frekuensi radio selama panggilan darurat hingga sikap fisik saat krisis.
Intersepsi itu terjadi di tengah ketegangan antara China dan AS terkait isu Laut China Selatan. China mengklaim sebagian besar wilayah yang diyakini kaya minyak tersebut, dan merupakan jalur perdagangan dengan nilai hingga US$5 triliun per tahun.
Klaim China tumpang tindih dengan negara-negara Asia lainnya, di antaranya adalah sekutu AS, yaitu Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan dan Brunei.
Washington menuding China mencoba memiliterisasi isu ini dengan melakukan reklamasi daratan di Laut China Selatan dan membangun pangkalan militer serta landasan pacu di perairan tersebut.
Sementara itu China menuding AS memanasi situasi dengan melakukan internasionalisasi sengketa perairan itu dan melakukan patroli dan latihan militer di wilayah Asia.
Sumber : http://cnnindonesia.com/internasional/20160527085443-106-133778/intersepsi-jet-as-china-langgar-kesepakatan-kedua-negara/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb