Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Tiongkok - Radar Militer

27 Juni 2016

Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Tiongkok

Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Tiongkok
Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Tiongkok

Pada bulan Juni 2016, Angkatan Laut Tiongkok merilis foto jelas kapal selam serang nuklir (SSN) terbarunya, yang paling stealthy,sedang dimuati dengan rudal dalam tabung kanister. Kapal selam nuklir Tiongkok adalah salah satu platform militer Cina yang paling rahasia, adalah suatu hal yang sulit untuk menemui bahkan foto dari kapal selam Type 091 Han yang sudah berumur 40 tahun, atau kapal selam rudal balistik nuklir Type 092 Xia. Jadi sebuah foto resmi dari kapal selam Type 093B yang modern adalah sudah pasti merupakan berita besar dalam dunia yang diawasi ketat oleh Tentara Pembebasan Rakyat.
Kapal selam serang nuklir Type 093B "Shang" adalah kapal selam yang senyap, cepat dan merupakan kapal selam Tiongkok pertama yang dapat menembakkan rudal jelajah secara vertikal. Departemen Pertahanan Amerika Serikat meyakini bahwa tiga SSN Type 093B telah diluncurkan pada tahun 2015, dan mungkin masuk kedinasan pada akhir tahun ini. 
Dua SSN Type 093 awal yang diluncurkan hampir 15 tahun yang lalu, memiliki masalah reaktor dan sistem propulsi yang berisik, terutama pada kecepatan tinggi, yang membatasi penggunaan tempurnya karena membuat kapal selam tersebut sangat mudah terdeteksi oleh upaya anti-kapal selam musuh. Type 093B, sebaliknya, memanfaatkan kemajuan metalurgi dan desain reaktor Tiongkok untuk membuat kapal selam yang lebih senyap. Para ahli menempatkan tingkat stealthiness-nya berada diantara SSN Los Angeles Flight I dan Flight III AL AS.
Sementara karakteristik stealth dan kinerja reaktor kapal selam Type 093B ini tidak nampak hanya dari melihat luarnya, ada perbaikan yang nyata lainnya. Yang terbesar adalah pemasangan baterai sistem peluncuran vertikal di belakang conning tower, yang dapat dilihat pada punuk hidrodinamik yang menyatu dengan hull (baterai VLS dapat dilihat di bawah belakang jembatan tangga warna biru dalam foto). 
Sel VLS memberikan Type 093B keunggulan dibandingkan dengan kapal selam serang Tiongkok sebelumnya karena bukannya meluncurkan rudal jelajah dari tabung torpedo, kapal selam itu dapat lebih cepat meluncurkan rudal dari VLS. Ukuran sel VLS yang lebih besar juga membuat VLS tersebut tempat yang baik untuk meluncurkan robot bawah air dan UAV dimasa depan. Type 093B masih akan membawa rudal jelajah yang diluncurkan dari tabung torpedo, seperti yang nampak pada foto. (Para pelaut Tiongkok secara jelas nampak memuat tabung kanister rudal jelajah ke dalam tabung torpedo, nampak dari tabungnya yang mulus, tanpa control surfaces atau propeller layaknya yang terdapat pada torpedo.)
Conning tower kapal selam Type 093B memiliki dasar yang melebar, mirip dengan yang terdapat pada kapal selam serang modern seperti Type 39C, dan SSN kelas Virginia AS. Dasarnya yang berbentuk melebar mungkin berisi sensor, selain untuk mengurangi hambatan (drag) hidrodinamik dan kebisingan pada kecepatan tertentu. Ada juga instalasi besar di sisi-sisi hull untuk sonar aktif side-mounted yang akan menyapu untuk kapal perang permukaan dan kapal selam.
Sekalipun kapal selam Type 093B mungkin sudah merupakan lompatan yang mengesankan untuk kekuatan bawah laut Tiongkok, Angkatan Laut Tiongkok (PLAN) tengah mengerjakan SSN berikutnya. Kapal selam nuklir Type 095, yang mungkin diluncurkan sebelum tahun 2020, telah dijelaskan oleh Office of Naval Intelligence sebagai kapal selam rudal jelajah nuklir (SSGN) yang berarti bahwa kapal selam itu akan membawa jumlah rudal jelajahyang signifikan, selain berkarakteristik stealth dan berkemampuan sebagai pembunuh kapal selam. (sub hunter killer). 
SSGN Type 095 juga cenderung lebih senyap daripada Type 093B, serta memiliki kemampuan network bawah laut untuk dapat berhubungan dengan platform berawak dan tak berawak diatas permukaan atau dibawah permukaan air, dan peningkatan sensor pasif dan aktif. Tiongkok selama ini telah menjadi kekuatan Pasifik lainnya seperti AS dan Jepang di ranah bawah laut, tetapi modernisasi militer yang dilakukan Tiongkok menunjukkan bagaimana mereka berlomba untuk menutup kesenjangan dan kekurangannya.
Sumber : http://popsci.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb