Drone Buatan Ongen Lulus Sertifikasi Militer - Radar Militer

20 Juli 2016

Drone Buatan Ongen Lulus Sertifikasi Militer

Drone Buatan Ongen Lulus Sertifikasi Militer
Drone Buatan Ongen Lulus Sertifikasi Militer
Pesawat terbang tanpa awak atau Drone OS-Wifanusa karya anak bangsa, dinyatakan lulus uji sertifikasi kelaikan militer dari IMAA (Indonesian Military Airworthiness Authority) setelah melalui rangkaian pengujian yang ketat.
Drone tersebut telah dipesan tiga unit oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk di operasikan di wilayah perbatasan dan juga di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Natuna.
"Rangkaian uji sertifikasi IMAA sangat ketat, pengujian dilakukan baik di darat maupun di laut karena OS-Wifanusa adalah drone tipe amfibi," kata Yulian Paonganan di Jakarta, Selasa (19/7/2016)
Pria yang akrab disapa Ongen ini mengatakan, uji terbang di darat dilakukan di Lanud Atang Sendjaja, Rumpin, Bogor dan uji laut dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat.
"Kami sedang menunggu sertifikat diterbitkan oleh pihak IMAA yang berpusat di Pusat Lelaikan, Baranahan, Kemhan. semoga dengan terbitnya sertifikat ini drone ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan bisa digunakan untuk kepentingan pertahanan maupun sipil,"pungkasnya.
Sebagai informasi Drone OS-Wifanusa ada dua tipe yang pertama OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2 meter) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4 meter) kedua tipe ini telah dinyatakan lolos uji sertifikasi kelaikan udara militer.
Kedua drone ini mampu terbang 6-8 jam dan 8-10 jam dengan jangkauan autonomous bisa mencapai 100 km dan membawa kamera canggih untuk surveillance dan foto udara untuk keperluan pemetaan. Mampu take off dan landing di darat maupun di air.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/07/19/337/1441840/drone-buatan-ongen-lulus-sertifikasi-militer

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb