GECO (Air) Resmi Digunakan Penerbang Tempur TNI AU - Radar Militer

08 Desember 2017

GECO (Air) Resmi Digunakan Penerbang Tempur TNI AU

GECO (Air)
GECO (Air) 

Pertengahan September lalu di ajang efence and Security Equipment International (DSEI) 2017, Inzpire, pengembang aplikasi navigasi militer asal Inggris mengumumkan bahwa salah satu solusinya, yakni GECO Mission System - GECO (Air) telah dipercaya untuk memasok kebutuhan navigasi pada lima jet tempur TNI AU. Dan dalam waktu empat bulan setelah ditandatanganinya kontrak, Inspire belum kini telah mewartakan bahwa sistem GECO (Air) untuk TNI AU sudah mulai dioperasikan.
Jonny Smith, Inzpire Head of Mission Systems dalam siaran pers (5/12/2017) menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara pengguna kedua sistem GECO (Air) setelah AU Yordania. “Sistem GECO (Air) mendapat sambutan yang sangat baik selama kunjungan, instalasi, pelatihan dan uji terbang di Indonesia,” ujar Smith. Lebih jauh disebut bahwa untuk penggarapan proyek di Indonesia, pihak Inzpire telah menggandeng mitra lokal PT Kadomas.
Sistem GECO (Air) tidak hanya dapat digunakan untuk pesawat buatan Barat, pesawat sejenis Sukhoi Su-27/Su-30 dan Super Tucano juga kompatibel dengan aplikasi ini. Selain utamanya untuk mendukung penerbang F-16C/D, sistem GECO (Air) juga berjalan di jet tempur Hawk 109/209 dan T-50i Golden Eagle. Seperti dalam foto yang dirilis pihak Inzpire di situsnya, terlihat penerbang Hawk Skadron Udara 12 menggunakan tablet GECO (Air) Panasonic Toughpad FZ M1.
Peningkatan kesadaran situasional (situational awareness) menjadi poin penting dalam setiap operasi militer. Bila mengambil contoh pada dashboard di kokpit jet tempur F-16C/D, terdapat dua MFD (Multi Functional Display) di sisi kiri dan kanan dashboard. Beragam informasi data penerbangan hingga visual radar ditampilkan di MFD, dan melihat tren tantangan tugas yang kian kompleks, menjadikan dua MFD tak cukup untuk mendukung tuntutan informasi dan data bagi sang pilot.
Dengan mengadopsi konsol berupa tablet, maka secara langsung dapat diterapkan penggunaan Electronic Flight Bag (EFB) yang salah satu poin keuntungannya adalah paperless cockpit. Sejauh ini GECO (Air) sudah disematkan pada 15 jet tempur. Inzpire menawarkan solusi GECO (Air) dalam dua konfigurasi berbeda, yakni untuk Fixed Wing dan Rotary Aircraft (helikopter). (Haryo Adjie)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb