Modernisasi Alutsista Rusia Berlanjut, Kali Ini Giliran Pesawat Tanker Dimodernisasi - Radar Militer

01 Desember 2017

Modernisasi Alutsista Rusia Berlanjut, Kali Ini Giliran Pesawat Tanker Dimodernisasi

Il-78M-90A
Il-78M-90A 

Setelah memamerkan pesawat pembom strategis Tu-160M yang baru keluar dari hangar perakitannya, Rusia tak lantas berhenti pada pesawat dengan kapabilitas ofensif. Maklumlah, Kementerian Pertahanan Rusia baru mencanangkan sejumlah dana besar untuk modernisasi Angkatan Bersenjata Rusia untuk satu dekade ke depan.
Untuk kali ini, Rusia membenahi armada pesawat-pesawat tanker yang menyediakan kapabilitas jangkau strategis dengan memberikan ‘minum’ bahan bakar di tengah rute perjalanannya. Pesawat tanker yang menjadi andalan AU Rusia yaitu Ilyushin Il-78M dimodifikasi agar setingkat dengan standar terbaru Il-76-MD90A. Versi paling mutakhir dari pesawat tanker itu adalah Il-78M-90A.
Il-78M sendiri merupakan varian tanker yang menjadi tulang punggung AU Rusia. Sistem pengisian bahan bakarnya menggunakan sistem drogue and chute yang mengandalkan pada tangki bahan bakar berbentuk pod di ujung sayap yang mengalirkan bahan bakar melalui selang yang harus ditangkap oleh tiang pengisian bahan bakar yang terpasang di pesawat tempur. Satu Il-78M dapat mengisi dua pesawat tempur dalam waktu bersamaan.
Sama dengan versi angkutnya, Il-78M-90A menerima pembaruan berupa penggantian sayap baru berikut mesin turbofan generasi baru PS-90A-76 untuk menggantikan D-30KP-2. Penggantian mesin baru ini memampukan Il-78M-90A untuk dapat terbang lebih jauh karena konsumsi bahan bakar yang lebih efisien 14% dibanding mesin lama. Pengerjaannya dilakukan oleh perusahaan Aviastar-SP yang juga membuat Il-76-MD90A, bukan pabrik asalnya di Uzbekistan.
Penggantian tersebut memampukan Il78M-90A untuk meningkatkan MTOW (Maximum Take Off Weight) menjadi 220 ton, sehingga dapat menambah jumlah bahan bakar yang bisa dibawa oleh pesawat tanker tersebut. Il78M-90A juga menerima pembaruan pada sektor avionik dengan layar multifungsi terbaru dan juga sistem navigasi berbasis satelit.
Proses modifikasi dan pengerjaan Il-78M-90A ini terhitung lama, karena pembangunan model pertamanya sudah dilakukan pada 13 Februari 2015, terhitung butuh dua setengah tahun sampai Il-78M-90A bisa tampil di hadapan publik. Hal ini dikarenakan pabrik Aviastar harus membuat ulang cetak biru tanker tersebut mengingat pabrik aslinya, Tashkent Chkalov Industrial Group berada di Uzbekhistan.
Pabrikan sendiri mengatakan bahwa Il-78M-90A pertama baru dapat diserahkan ke AU Rusia pada tahun 2018. AU Rusia akan memesan 31 unit varian tanker ini untuk menggantikan tanker lama yang ada di jajaran AU Rusia, dan perusahaan UAC selaku pemilik Aviastar JSC sudah menyatakan minat untuk ikut kompetisi pesawat tanker AU India dengan Il-78M-90A. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb