Singapura Akan Beli Lahan untuk Latihan Militer di Australia - Radar Militer

01 Desember 2017

Singapura Akan Beli Lahan untuk Latihan Militer di Australia

Terrex Singapura
Terrex Singapura 

Selama nyaris tiga puluh tahun terakhir, militer Singapura telah banyak dibantu Pemerintah Australia dalam melaksanakan latihan militer. Setiap tahunnya, Singapura mengirimkan ribuan personel militer dan ratusan alutsista darat, laut, dan udara ke wilayah Shoalwater Bay untuk melaksanakan latihan gabungan tahunan yang diberi nama Exercise Wallaby.
Dengan wilayah yang sangat luas, Shoalwater Bay memampukan militer Singapura untuk mencoba beragam skenario operasi yang kompleks, termasuk penembakan dengan munisi tajam, serangan kavaleri udara, dan manuver mekanis skala besar di level Brigade, yang jelas sangat tidak mungkin dilakukan di dalam negeri. Maklum saja, luasnya Shoalwater Bay sendiri mencapai delapan kali luas wilayah Singapura.
Jadi, biarpun Singapura seringkali diejek tetangga-tetangganya karena wilayahnya yang sempit, militernya tetap memiliki kesiagaan tempur yang sangat tinggi. Dibandingkan dengan angkatan bersenjata ASEAN lainnya, hanya Singapura yang melaksanakan latihan gabungan dengan durasi lebih dari satu bulan, dan seluruh alutsistanya pun diujicoba.
Karena nikmatnya berlatih di Australia itulah, Pemerintah Singapura kemudian bermaksud untuk membeli wilayah di sekitar Shoalwater Bay dan memperluas area latihan. Pemerintah Australia pun menyambut baik niatan Pemerintah Singapura tersebut dan membantu mendekati penduduk setempat yang mau menjual tanahnya untuk dibeli Departemen Pertahanan Australia. Area yang akan dibebaskan akan mencakup wilayah Greenvale, Ravenswood, dan atau Petland.
Pemerintah Australia beranggapan bahwa niatan Pemerintah Singapura untuk menyewa area Shoalwater Bay yang diperluas akan mendatangkan keuntungan tambahan dan pendapatan bagi negara, dan di sisi lain menghidupkan perekonomian lokal dari ribuan prajurit yang datang setiap tahunnya dan tentunya membutuhkan dukungan logistik lokal untuk menjalankan tugasnya.
Untuk menjamin kebutuhan Singapura tersebut, setiap tahunnya juga dilakukan kunjungan ke Singapura oleh delegasi dagang Australia yang beranggotakan khusus dari pengusaha di kota-kota di sekitar wilayah Shoalwater Bay seperti dari Rockhampton dan Townsville untuk membuka kesempatan dagang yang terbuka setiap kali pasukan Singapura berlatih di Australia. Sungguh langkah cerdas bagi Australia. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb