Singapura Mulai Bangun Kasel Type 218SG Ketiga dan Keempat - Radar Militer

22 Januari 2018

Singapura Mulai Bangun Kasel Type 218SG Ketiga dan Keempat

Kasel Type 218SG
Kasel Type 218SG  

Jumat (12/01) lalu, Singapura memulai pembangunan kapal selam Type 218SG ketiga dan keempat yang ditandai dengan upacara pemotongan baja (steel-cutting ceremony).
Kapal selam Type 218SG akan memiliki daya tahan yang lebih lama, sensor yang lebih baik, dan daya pukul yang lebih besar serta kecanggihan lainnya.
Semuanya dirancang untuk mencapai efektivitas tempur yang lebih tinggi di lingkungan operasi Singapura, sebagaimana dilansir dari RSN (16/01).
Kapal selam Type 218SG adalah kelas kapal selam yang dipesan oleh Angkatan Laut Republik Singapura dari ThyssenKrupp Marine Systems. Kapal selam ini, bersama dengan kelas Archer yang sebelumnya diakuisisi, akan menggantikan kapal selam kelas Challenger Singapura.
Kapal selam Type 218SG mempunyai displacement 2.000 ton, panjang 70 m dan lebar 6,3 m. Fitur kapal selam ini mencakup penggunaan sistem propulsi AIP dan sistem tempur yang dirancang oleh Atlas Elektronik dan ST Electronics. Type 218 juga dilengkapi dengan rudder "X", "yang memberikan kemampuan manuver yang disempurnakan di perairan litoral yang sempit."
Dua kapal selam pertama akan diserahkan pada tahun 2021 dan 2022, sedangkan dua unit sisanya akan diserahkan mulai tahun 2024. (Angga Saja - TSM)
Sumber :  lancercell.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb