Trio Pembom Tempur AU AS Berkumpul Semua di Guam - Radar Militer

22 Januari 2018

Trio Pembom Tempur AU AS Berkumpul Semua di Guam

Trio Pembom Tempur AU AS
Trio Pembom Tempur AU AS  

Peristiwa berkumpulnya tiga jenis pesawat pembom strategis Angkatan Udara AS yaitu B-1B Lancer, B-2 Spirit, dan B-52 Stratofortress di pangkalan terjauh AS di Guam merupakan peristiwa langka. Terakhir kali pembom berkemampuan nuklir tersebut bersama-sama dipangkalkan di Guam adalah pada tahun 2016. Jika tiga pembom strategis ini berkumpul, sudah pasti ada maksud-maksud tertentu yang hendak dicapai.
Sejatinya, Guam menjadi pangkalan bagi B-1B Lancer yang baru saja menyelesaikan latihan gabungan Vigilant Ace. Untuk pembom siluman B-2 Spirit sendiri amat jarang keluar dari kandangnya di Missouri. Namun Militarytimes (16/1) memberitakan bahwa 3 unit B-2 Spirit digeser dari markas 509th Bomb Wing di Whiteman AFB Missouri beserta dengan 200 awak pendukung ke Guam, dan pindah kendali ke US PACOM (Pacific Command).
Sementara itu, dua unit B-52H sendiri menyusul berangkat ke Guam pada 14 Januari 2017. Dua B-52H dengan callsign MYTEE51 itu meninggalkan pangkalannya di Barksdale AFB, Louisiana untuk menuju Andersen AFB, Guam, bergabung dengan dua jenis pesawat pembom lainnya yang sudah menunggu di sana.
Trio pembom berat AU AS ini dimaksudkan sebagai deterens atau penggentar bagi Korea Utara, dan sebagai jaminan apabila terjadi serangan ke arah kontinental Amerika Serikat untuk dapat meluncurkan serangan balasan seketika. Kesiapan pesawat-pesawat itu sendiri juga dijaga agar bisa lepas landas segera.
B-2 sendiri sebagai sebuah sistem senjata strategis akan melaksanakan sorti latihan lokal dan regional, serta akan bekerjasama dengan mitra regional kunci, untuk menjamin agar awak yang terlibat memiliki kesiapan dan kecakapan tinggi. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb