Akkor Pulat, Sistem Proteksi Aktif Tank Turki Buatan Aselsan - Radar Militer

09 Maret 2018

Akkor Pulat, Sistem Proteksi Aktif Tank Turki Buatan Aselsan

Akkor Pulat
Akkor Pulat 

Turki merasakan betul kejamnya hantaman senjata anti tank dalam dua kali operasi militer mereka, Perisai Eufrat dan Olive Branch. Rudal-rudal anti tank melibas habis tank yang harganya jutaan dolar, plus nyawa prajuritnya yang melayang.
Ancaman ini akhirnya mendorong militer Turki mempercepat adopsi sistem proteksi tank aktif Akkor Pulat untuk tank-tank Turki yang saat ini digelar di Afrin.
Akkor sendiri merupakan sistem berbasis radar milimeter wave yang mampu mendeteksi dan mengklasifikasikan ancaman berkecepatan tinggi yang mengarah ke tank yang dipasangi sistem ini. Akkor mampu mencakup zona 360 derajat di sekitar tank.
Apabila objek itu dideteksi sebagai rudal atau roket, maka sistem Akkor akan melontarkan proyektil untuk menghentikannya pada jarak tertentu dari tank tanpa menimbulkan kerusakan berarti.
Sistem Akkor sudah dikembangkan oleh perusahaan Aselsan Turki sejak 2008 dan awalnya disiapkan untuk Altay yang merupakan tank asli buatan Turki. Namun melihat urgensinya, Aselsan pun menyiapkan sistem yang juga bisa dipasang ke tank M60T alias Sabra.
Sistem Akkor sendiri bukanlah sesuatu yang revolusioner. Rusia sudah memiliki sistem serupa bernama Afganit yang dipasang ke tank T-14 Armata, sementara Merkava III/IV Israel menggunakan Trophy. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb