AU India Siapkan Varian Rudal Jelajah BrahMos ALCM untuk Su-30 MKI - Radar Militer

07 September 2018

AU India Siapkan Varian Rudal Jelajah BrahMos ALCM untuk Su-30 MKI

 Rudal Jelajah BrahMos ALCM untuk Su-30 MKI
 Rudal Jelajah BrahMos ALCM untuk Su-30 MKI 

Zeenews (5/9) memberitakan bahwa Angkatan Udara India siap untuk melakukan uji tembak atas rudal jelajah BrahMos ALCM (Air Launched Cruise Missile) versi terbaru pada akhir tahun 2018.
Su-30MKI sendiri sudah berhasil menembakkan rudal BrahMos ALCM versi standar, dan integrasi ke jet tempur Su-30MKI dilakukan dengan modifikasi struktur pada sekira 40 jet tempur Su-30MKI yang ada.
Direktur perusahaan BrahMos Aerospace Alexander B. Maksichev mengatakan bahwa ujicoba penembakan rudal BrahMos ALCM versi terbaru yang dikatakan memiliki kemampuan untuk mengeksekusi manuver ekstrim berkat sistem TVC (Thrust Vector Control) akan dilakukan pada akhir 2018.
BrahMos sendiri saat ini memegang rekor sebagai rudal jelajah supersonik dengan kecepatan tertinggi yang dilepaskan dari pesawat tempur, dan mampu menghantam sasaran baik di permukaan laut maupun di darat.
India sendiri sudah sempat menawarkan rudal BrahMos kepada sejumlah negara, termasuk Indonesia. Transfer ilmu siap diberikan, tergantung kecocokan saja, apalagi TNI AU sudah memiliki Su-30MK2 yang masuk perhitungan sebagai platform pembawa. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb