Jet Tempur LCA Tejas India Miliki Kemampuan Refueling BBM Pada Malam Hari - Radar Militer

03 September 2018

Jet Tempur LCA Tejas India Miliki Kemampuan Refueling BBM Pada Malam Hari

Jet Tempur LCA Tejas India
Jet Tempur LCA Tejas India 

Times of India (20/8) memberitakan bahwa Pemerintah India terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan menyempurnakan fitur jet tempur Tejas yang merupakan proyek kebanggaan India.
Yang terbaru, laboratorium CSIO (Central Scientific Instruments Organisation) sedang berupaya mengembangkan sistem iluminasi pengisian bahan bakar untuk jet tempur Tejas, yang berguna untuk kondisi gelap malam atau berawan.
Di Dunia, hanya dua Negara yang menguasai teknologi ini yaitu AS dan Perancis. Rusia saja dengan armada Su-30 dan Su-35-nya tidak pernah atau jarang sekali melaksanakan pengisian bahan bakar di udara dalam keadaan gelap pekat.
Jika CSIO berhasil, maka mereka akan bergabung dengan dua Negara superpower dengan kemampuan operasional 24 jam penuh di udara.
CSIO memperkirakan bahwa pengembangan sistem ini akan siap pada akhir tahun. Yang keren, CSIO mengatakan bahwa sistem mereka biayanya hanya seperlima dari biaya produk yang ditawarkan oleh vendor luar negeri.
Sistem iluminasi ini dipasang di luar kokpit Tejas, yang saat ini masih dalam proses sertifikasi oleh pusat sertifikasi dan kelayakan terbang yang ada di bawah Angkatan Udara India. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb