Inilah Seragam Militer Nyentrik dan Ikonik Berbagai Negara - Radar Militer

03 November 2019

Inilah Seragam Militer Nyentrik dan Ikonik Berbagai Negara


Militer identik dengan sesuatu yang sangar, gahar dan macho tak terkecuali seragam yang dimiliki lazimnya mengesankan hal itu. Namun rupanya tidak semua seragam militer harus terlihat gagah. Di beberapa negara ini pasukan militer malah mengenakan seragam dengan desain unik dan nyentrik.
1. French Foreign Legion Prancis
Salah satu bentuk sejarah kekayaan militer Prancis adalah adanya perayaan Bastille Day. Dalam perayaan ini beberapa militer Prancis menggunakan seragam khusus yang dikenal dengan nama Sapeurs atau Sappers. Dulunya seragam ini digunakan untuk menyusup dan menggali parit di barisan depan. Seragam yang terlihat seperti celemek ini dibuat dari kulit apron lengkap dengan topi putih dan kapak besar.
French Foreign Legion Prancis
French Foreign Legion Prancis 
2. Trooping the Colour Inggris
Dikarenakan Rusia adalah salah satu negara beriklim dingin, maka orang-orang di sana sering kali mengenakan pakaian dengan jaket tebal nan panjang. Bahkan, tentara Rusia juga mempunyai pakaian militer khusus untuk cuasa dingin yang ikonik.
Trooping the Colour Inggris
Trooping the Colour Inggris 
Jika dilihat, pakaian militer Rusia sedikit mirip dengan yang dikenakan oleh pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia II, hanya saja perbedaannya terdapat pada bagian celananya saja. Untuk coat atau jaket yang dikenakan kurang lebih masih sama, yaitu memanjang agar dapat menahan udara dingin di sekitar.
4. Carabinieri Italia
Secara resmi Italia memiliki empat kesatuan militer. Salah satunya adalah Arma dei Carabinieri atau Corpo dei Carabanieri yang artinya pasukan Carabinieri. Pasukan ini dalam sejarahnya merupakan tentara resmi Kerajaan Sardinia yang kemudian bergabung dengan Italia. Pasukan ini memiliki seragam khas. Dengan jubah hitam dan topi ala Napoleon Bonaparte, kesatuan ini keliatan klasik dan gagah.
Carabinieri Italia
Carabinieri Italia 
5. Iranian Sniper Squad Uniform
Pasukan Iran ini merupakan militer penembak jitu. Seragam mereka dimaksudkan untuk kamuflase. Mungkin mereka praktis di lapangan, tapi mungkin terkesan aneh secara umum.
Iranian Sniper Squad Uniform
Iranian Sniper Squad Uniform 
6. Spanish Legion
Swiss Guard of the Vatican sendiri dapat diketahui dari pakaian yang dikenakannya, yaitu berwarna oranye berpadu dengan biru tua, serta topi baret berwarna gelap. Selain itu, khusus untuk upacara atau acara-acara khusus, Swiss Guard of the Vatican akan mengenakan topi mirip seperti tentara Portugis zaman dahulu yang terbuat dari logam dengan bulu-bulu di bagian tengahnya.
Spanish Legion
Spanish Legion 
7. Pasukan Rajputana India
India punya seragam militer yang tak biasa milik kesatuan Rajputana India. Pasukan Rajputana merupakan resimen senapan tertua di India yang awalnya merupakan bagian Pasukan Inggris-India. Ciri khas seragam Rajputanan adalah topi khasnya yang menarik perhatian.
 Pasukan Rajputana India
 Pasukan Rajputana India 

8. Militer Pakistan
Secara umum, pakaian militer Pakistan dan India tidak jauh berbeda. Hanya saja jika di India menggunakan topi yang mirip seperti kipas mengembang, di Pakistan, pada bagian depan topi militernya terdapat hiasan seperti jambul merak.
Militer Pakistan
Militer Pakistan 
9. Foustanella Yunani
Militer Yunani memiliki seragam tradisional Foustanella yang banyak juga digunakan beberapa negara lain di Semanjung Balkan. Pakaian unik yang terlihat seperti rok ini dipadankan dengan sepatu yang tak kalah unik dengan bulu-bulu tebal di ujungnya.
Foustanella Yunani
Foustanella Yunani 

10. Seragam Gugunbok, Korea Selatan
Meskipun saat ini tidak digunakan secara resmi, militer Korea Selatan punya seragam militer tradisional bernama Gugunboko. Pakaian ini dulunya digunakan saat Dinasti Joseon. Seragam ini terdiri dari jubah satin (Dongdali) serta topi Jeonrip. Pakaian militer ini kini hanya digunakan saat pelaksanaan upacara kenegaraan.
Seragam Gugunbok, Korea Selatan
Seragam Gugunbok, Korea Selatan 
11. Seragam Zebra Militer Pantai Gading
Pantai Gading punya corak seragam yang dikenakan para tentaranya menyerupai kulit zebra.(Wahyono)(poe)
Seragam Zebra Militer Pantai Gading
Seragam Zebra Militer Pantai Gading 
Sumber : sindonews.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb