Kamboja Diyakini Sebagai Pelanggan Pertama FTC-2000G Buatan China - Radar Militer

28 April 2020

Kamboja Diyakini Sebagai Pelanggan Pertama FTC-2000G Buatan China

radarmiliter.com - Kamboja mungkin menjadi pembeli pertama pesawat multi-peran FTC-2000G yang diproduksi oleh perusahaan China Guizhou Aircraft Industry Corp (GAIC). Namun nama negara pembeli tetap dirahasiakan, Jose Rodriguez T. Senase melaporkan. Pengiriman tersebut diharapkan antara 2021 dan 2023.
FTC-2000G Mountain Eagle
FTC-2000G Mountain Eagle 
Minggu ini, Global Times - surat kabar Kamboja Khmer Times - melaporkan bahwa pesawat yang diproduksi oleh Guizhou Aircraft Industry Corp (GAIC) itu terjual ke salah satu negara Asia Tenggara yang belum diungkapkan. Laporan itu tidak menyebutkan besaran biaya atau jumlah unit yang terjual. Hanya menyebutkan bahwa kesepakatan itu ditandatangani pada Januari tahun ini dan pengiriman akan dimulai pada awal 2021 dan akan selesai setelah dua tahun.
Kamboja dan Myanmar diprediksi sebagai pembeli tersebut karena mereka berdua sangat dekat dengan China, secara militer dan politik. Sebagai petunjuk, Myanmar sudah mengoperasikan beberapa jenis pesawat Tiongkok, termasuk pesawat serang darat Nanchang Q-5 dan jet tempur Shenyang J-7. Tetapi akuisisi dan pesanan Angkatan Udara Myanmar (MAF) baru-baru ini mengabaikan kemungkinan bahwa Myanmar adalah pembeli.
Kamboja telah memiliki armada helikopter Harbin Z-9 dan baru saja membeli $ 40 juta peralatan militer China, menurut Perdana Menteri Hun Sen. Jadi, Kamboja terlihat lebih mungkin sebagai pembeli pesawat tempur multi-peran FTC-2000G untuk Angkatan Udara Kamboja.
Guizhou JL-9, juga dikenal sebagai FTC-2000 Mountain Eagle (Shanying), adalah pesawat latih tempur supersonik dua kursi yang dikembangkan oleh Perusahaan Ekspor/ Impor Industri Penerbangan Guizhou (GAIEC) untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) dan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLANAF).
FTC-2000 dimulai sebagai usaha swasta GAIEC untuk mengembangkan pesawat generasi keempat jet latih murah. Jet latih itu terungkap di Pameran Penerbangan & Penerbangan Internasional China tahun 2001. Pesawat dilaporkan diproduksi di jalur perakitan GAIC di Anshun, Guizhou. FTC-2000, sebagai JL-9, bersaing dengan Hongdu JL-10 untuk memenuhi persyaratan jet latih tingkat lanjut dari PLAAF dan PLANAF. JL-10 lebih maju secara teknologi, tetapi juga lebih mahal, daripada JL-9. Pada 2013, keduanya sudah masuk produksi.
Varian pendaratan di kapal induk diungkapkan oleh media pemerintah Tiongkok pada tahun 2011. Dinamai JL-9G, telah diperkuat roda pendaratan, sayap diperbesar dan saluran masuk supersonik yang tidak dapat dialihkan, tetapi telah terbukti tidak cocok untuk pendaratan kapal induk dan terbatas pada operasi darat.
Pada 5 September 2018, Kantor Berita Xinhua yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa GAIC telah memulai produksi massal varian FTC-2000G. Pada 28 September dilaporkan bahwa FTC-2000G yang diproduksi secara massal pertama melakukan penerbangan perdananya.(paijojr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb