Empat Su-30MKI India akan Ikuti Latihan Red Flag di AS - Radar Militer

06 April 2016

Empat Su-30MKI India akan Ikuti Latihan Red Flag di AS

Red Flag Air Exercise USA
Red Flag Air Exercise USA

Empat pesawat Sukhoi Su-30MKI Angkatan Udara India akan mengambil bagian dalam latihan Red Flag air exercise AS, yang diselenggarakan dari tanggal 28 April - 13 Mei di Alaska.
Selain pesawat Sukhoi, ikut pula empat pesawat Jaguar, dua pesawat angkut C-17 Globemaster III dan dua pesawat tanker udara Ilyushin-78 yang akan melakukan perjalanan melalui Bahrain, Mesir, Perancis, Portugal dan Kanada sebelum akhirnya mencapai Alaska pada bulan ini.
"Personil sekarang telah berkumpul di pangkalan udara Jamnagar di mana mereka akan menjalani beberapa jadwal pelatihan. Tim pendahuluan akan segera berangkat dan sisanya akan bergabung dengan mereka kemudian di Amerika Serikat," kata seorang pejabat AU India kepada PTI (Press Trust of India).
Ini adalah kedua kalinya India berpartisipasi dalam latihan tersebut setelah tahun 2008. Karena mahalnya biaya yang diperlukan, AU India telah memutuskan untuk mengambil bagian dalam latihan tersebut sekali setiap lima tahun. Dijadwalkan India mengikuti dalam edisi tahun 2013, tapi latihan tersebut dibatalkan oleh AS menyusul adanya pemotongan anggaran pertahanan AS.
Menurut perkiraan, biaya yang diperlukan India untuk latihan tersebut adalah lebih dari INR 100 crore (sekitar USD 15,052 juta). Latihan ini akan melibatkan lebih dari 150 personil AU India. “Crawl, walk and run” adalah istilah yang digunakan sebagai format penggelaran kekuatan untuk secara sistematis meningkatkan kecepatan dan lingkup latihan dan manuver tempur selama latihan Red Flag.
Red Flag merupakan latihan perang udara paling kompleks yang melibatkan pasukan dari India dan AS yang juga akan mengikutsertakan pesawat airborne early warning and control system (AWAC) dari NATO.

Sumber : http://defenseworld.net/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb