Ini Dia 10 Negara dengan Kekuatan Militer Terbaik Dunia - Radar Militer

15 April 2016

Ini Dia 10 Negara dengan Kekuatan Militer Terbaik Dunia

Militer China
Militer China

Global Firepower melakukan peringkat terhadap kekuatan militer terbaik dunia. Kemampuan nuklir tidak termasuk dalam perhitungan ini karena masuknya senjata akan mengalahkan tujuan perbandingan tersebut.
Peringkat didasarkan ketat pada potensi kemampuan perang konvensional masing-masing negara di darat, laut dan udara. Berikut 10 negara dengan militer terbaik dunia dilansir dari Wonderslist:
10. Brasil
Brasil memiliki anggaran pertahanan sebesar 31, 6 miliar dolar AS, dilengkapi 822 pesawat dengan personil militer aktif mencapai 371.199 orang. Sementara itu, negara di Amerika Selatan ini memiliki angkatan kerja sebanyak 104,7 juta orang yang memungkinkan untuk memperkuat militer negara.
9. Italia
Meski hanya memiliki 770 pesawat tempur dan 293 ribu personil militer aktif, Italia mengalokasikan anggaran pertahanan senilai 32 mliar dolar AS. Angka ini jauh lebih besar dari Brasil dan membuat militer Italia berada di atas negara Amerika tersebut.
8. Korea Selatan
Sebagai tetangga negara pemilk nuklir Korea Utara, Korea Selatan menyiapkan militernya sebaik mungkin. Sebanyak 28 miiar dolar AS digelontorkan sebagai anggaran pertahanan dan memiliki 653 ribu personil militer aktif. Korsel memiliki 871 pesawat yang mendukung kegatan militernya sementara, sekutu Amerika Serikat ini memiliki angkatan kerja sebanyak 25 juta.
7. Jerman
Jerman memiliki sekitar 149 ribu personil militer aktif dengan 43,6 juta angkatan kerja. Namun, alokasi yang disediakan Jerman untuk anggaran pertahanan cukup besar yakni 43,5 miliar dolar AS dilengkapi dengan 925 pesawat tempur yang membuat negara lain berfikir ulang menyerang Jerman.
6. Prancis
Prancis memiliki dana untuk pertahanan sebesar 58,2 miliar dolar AS dengan 362,5 ribu personil militer aktif. Angkatan kerja di anggota Dewan Keamanan PBB ini mencapa 29,6 ribu. Sementara pesawat tempur yang dimiliki negara beribu kota Paris ini sebanyak 544 buah.
5. Inggris
Negara kerajaan yang terlibat kegalauan terhadap keanggotaan Uni Eropa ini masuk ke jajaran lima besar militers terbaik dunia. Inggris menganggarkan hampir 58 mliar dolar AS untuk penguatan pertahanannya dengan 224,5 ribu personil militer aktif. Inggris juga memiliki 1,4 ribu pesawat dan 31,7 ribu angkatan kerja di negaranya.
4. India
India menjadi satu-satunya negara Asia Selatan yang masuk sebagai 10 militer terbaik dunia. India mengalokasikan hampir 44,3 miliar dolar AS untuk pertahanan dan memiliki 1,3 ribu personil militer aktif. Angkatan kerja yang berada di negara ini mencapai 487,6 ribu. India memiliki hampir dua ribu pesawat.
3. China
Sebanyak 129 miliar dolar AS dialokasikan China untuk pertahanan negaranya. Negara yang memiliki klaim di Laut China Selatan ini bahkan memiliki personi aktif militer sebanyak 2,3 ribu dengan hampir 796 ribu angkatan kerja. China memiliki lima ribu pesawat tempur.
2. Rusia
Anggaran yang disediakan Rusia untuk biaya pertahanan negara sebesar 64 miliar dolar AS dengan 1,2 juta personil militer aktif dan sekitar 75 ribu angkatan kerja membuat Rusia duduk di posisi kedua militer terbaik dunia. Hal itu didukung dengan 4,5 ribu pesawat yang dimiliki negara terbesar di Eropa ini.
1. Amerika Serikat
Negara adidaya ini menggelontorkan dana sebesar hampir 690 miliar dolar AS untuk memperkuat pertahanannya. Memilki sekitar 15 juta personil militer aktif dan 153,6 ribu angkatan kerja membuat AS menduduki posisi terbaik dunia. Bahkan, AS memiliki hampir 15,3 ribu pesawat, yang tidak disaingi negara manapun.

Sumber : http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/16/04/13/o5jelp330-ini-10-negara-dengan-kekuatan-militer-terbaik-dunia-siapa-saja

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb