Bersejarah, SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut - Radar Militer

15 April 2016

Bersejarah, SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut

 SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut
 SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut
Untuk pertama kalinya, perusahaan roket SpaceX berhasil mendaratkan roketnya, Falcon 9, di atas sebuah kapal. Bertempat di Samudra Atlantik, Jumat sore, 8 April 2016.
SpaceX meluncurkan roket dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral. Roket ini membawa kargo kapsul ke Stasiun Antariksa Internasional. Kepala perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta itu, Elon Musk, mengadakan konferensi pers dengan NASA setelah roket ini mendarat.
"Apa yang berbeda kali ini adalah roket mendarat dengan tidak membuat lubang di kapal atau membuatnya terbalik," kata Musk, bergurau. Pendaratan roket di kapal ini adalah keberhasilan pertama mereka.
"Kami berpikir mungkin perlu mendarat ke laut. Sesuatu di luar bumi mungkin perlu mendarat di kapal," kata Musk. Ia mengacu pada potensi habitat ruang masa depan yang memperluas luar orbit bumi. Sekarang, ISS terletak di orbit bumi rendah.
SpaceX dan Amazon beberapa waktu ini mencoba menguasai pendaratan roket agar berhasil. Upaya SpaceX memungkinkan perusahaan menggunakan kembali roket yang telah dipakai. Ini berpotensi menghemat uang perusahaan dan bahkan waktu.
Menurut Musk, para awak SpaceX di Mission Control, gembira. Melalui Twitter, Presiden Barack Obama mengucapkan selamat kepada Musk dan NASA atas kerja keras dan inovasi mereka.
Musk mengatakan pendaratan laut ini adalah salah satu momen besar. "Ini benar-benar tonggak yang baik untuk langkah lain menuju bintang-bintang," katanya.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/news/2016/04/12/097761774/bersejarah-spacex-daratkan-roket-di-atas-kapal-laut

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb