Pakistan Incar Targeting Pod Thales Damocles untuk Jet Tempur JF-17 - Radar Militer

11 April 2016

Pakistan Incar Targeting Pod Thales Damocles untuk Jet Tempur JF-17

Targeting Pod Thales Damocles
Targeting Pod Thales Damocles
Pakistan ingin meng-upgrade armada jet tempurnya yang menua dalam mengantisipasi pertempuran panjang melawan militan, meskipun pembelian pesawat generasi kelima hanya akan menjadi jalan yang terakhir, kata pejabat senior Angkatan Udara suatu negara dalam sebuah wawancara dengan Reuters. Wakil panglima Angkatan Udara Pakistan (Pakistan Air Force - PAF) mengungkapkan bahwa AU Pakistan menginginkan targeting pod Damocles untuk digunakan pada pesawat JF-17 Thunder.
Pakistan berencana akanb memproduksi 16 jet tempur JF-17 pada tahun ini dan 20 lagi pada tahun 2017, tetapi Arain mengakui bahwa kegunaan pesawat tempur tersebut dalam operasi pada saat ini terbatas, karena tidak adanya perangkat targeting (penargetan) yang presisi.
"Secara operasional, pesawat tersebut bekerja cukup baik sehingga jika kami memiliki targeting pod pada JF-17, beban kerjanya akan lebih ringan," kata Arain.
Dia mengatakan bahwa kunjungannya ke Paris sebagian ditujukan untuk meninjau prospek untuk medatangkan Damocles buatanThales, sebuah targeting pod generasi ketiga. Dia mengatakan bahwa hal ini menjadi prioritas Islamabad untuk saat ini.
Negosiasi sebelumnya pada tahun 2010 untuk kesepakatan senilai $ 1,6 milyar untuk perangkat elektronik dan rudal batal karena tekanan dari India, ketidakpastian atas keuangan Pakistan dan karena adanya ketakutan akan terjadinya transfer teknologi ke Tiongkok mengingat keterlibatan Tiongkok pada JF-17 Pakistan.
"Kami mencari yang terbaik. Damocles adalah sistem yang telah battle-proven sementara pilihan yang lainnya tidak," kata Arain. "Jika kami tidak bisa mendapatkan pod Damocles misalnya, maka kita perlu mencari pilihan alternatif yang mungkin belum proven."
Damocles adalah targeting pod generasi 3 yang dirancang dan diproduksi oleh Thales. Damocles memiliki laser designator (penanda laser) jarak jauh, FLIR dan imagery (citra gambar) resolusi tinggi dengan navigasi yang terintegrasi, dan sepenuhnya kompatibel dengan bom berpemandu laser Paveway dan BGL, senjata imagery-guided, dan senjata AASM (Armement Air-Sol Modulaire) dengan pemandu GPS/INS/LASER. Pod damocles telah digunakan dalam enam angkatan udara yaitu Perancis, Malaysia, Maroko, Rusia, Arab Saudi dan UEA.
Dia mengatakan bahwa dalam jangka panjang, angkatan udara Pakistan perlu memikirkan kebutuhannya setelah tahun 2030 ketika F-16 dan JF-17 sudah saatnya untuk mulai diganti.
Amerika Serikat pada bulan Februari telah menyetujui penjualan hingga delapan jet tempur F-16 ke Pakistan untuk jangka pendek, tapi Arain mengatakan hal tersebut menjadi sesuatu yang rumit.
"Pesawat itu adalah jet tempur yang murah, tapi membeli lebih banyak F-16 secara ekonomis tidak layak bagi kami dan kemudian ada banyak menimbulkan protes," katanya.

Sumber : http://airrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb