Rusia Protes Keras Manuver Berbahaya Pesawat Mata-Mata RC-135 AS di Laut Jepang - Radar Militer

25 Mei 2016

Rusia Protes Keras Manuver Berbahaya Pesawat Mata-Mata RC-135 AS di Laut Jepang

Pesawat Mata-Mata RC-135 AS
Pesawat Mata-Mata RC-135 AS
Pemerintah Rusia dikabarkan melakukan protes keras terhadap tindakan pesawat pengintai milik militer Amerika Serikat (AS) di atas Laut Jepang. Tindakan tersebut dianggap Kremlin dapat membahayakan lalu lintas udara sipil yang berada dekat perbatasan Rusia.
“Kami (Rusia) telah memanggil pejabat militer AS dan memberitahukan bahwa pertahanan udara kami (Rusia) telah mendeteksi pesawat RC-135 milik AS telah melakukan aksi pengintaian di atas Laut Jepang pada 22 Mei 2016,” ujar pihak kementrian dalam sebuah pernyataannya.
Pernyataan tersebut juga menyebutkan, “Pesawat pengintai AS terbang tanpa adanya persetujuan rencana penerbangan dengan pelayanan kontrol lalu lintas udara regional,” sebagaimana dikutip dari Sputnik, Selasa (24/5/2016).
Selama dua pekan terakhir ini, pesawat pengintai AS diketahui telah mendekati perbatasan Rusia yang berada dekat wilayah Kaliningrad sebanyak delapan kali.
Pada pekan lalu, pesawat Angkatan Udara AS RC-135 lainnya juga sempat mendekati perbatasan Rusia. Namun, aksi tersebut langsung dicegat jet Su-27 milik Rusia.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/05/24/18/1396102/rusia-protes-keras-aksi-berbahaya-pesawat-as-di-laut-jepang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb