Thailand Beli Tambahan MBT VT-4 dari Tiongkok - Radar Militer

05 Januari 2017

Thailand Beli Tambahan MBT VT-4 dari Tiongkok

MBT VT-4
MBT VT-4 

Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand telah mengumumkan bahwa negara itu akan membeli peralatan militer lagi dari Tiongkok. AD Thailand sebelumnya telah menandatangani perjanjian untuk membeli 28 tank tempur utama (main battle tank - MBT) VT-4 dari Tiongkok dan di tahap kedua akan membeli tambahan tank sejenis sampai memiliki armada sejumlah 49 tank pada tahun fiskal 2017.
Setelah mengalami masalah dengan pengiriman 49 tank T-84 Oplot yang dipesan dari Ukraina, komite AD Thailand yang bertanggungjawab memutuskan pengadaan perangkat keras militer telah memilih untuk membatalkan tank tambahan yang akan dibeli dari Ukraina dan membeli dari Tiongkok sebagai gantinya, kata Jenderal Chalermchai, Panglima AD Thailand.
Namun, pembuat tank Ukraina harus mampu menyerahkan keseluruhan 49 tank ke AD Thailand pada bulan Oktober 2017, tambah Jenderal Chalermchai.
AD Kerajaan Thailand memesan 49 T-84 Oplot dari Ukraina pada tahun 2011 senilai USD240 juta, namun produksi tank Thailand tersebut mengalami masalah penundaan yang serius karena konflik di Ukraina pada tahun 2014 dan 2015.
T-84 Oplot adalah tank tempur utama yang dikembangkan oleh perusahaan Ukraina Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau, yang merupakan otoritas desain terkemuka Ukraina untuk kendaraan tempur lapis baja. Persenjataan MBT Oplot termasuk diantaranya meriam 125mm, senapan mesin koaksial 7,62mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm.
VT-4 yang juga bernama MBT-3000 adalah generasi baru tank tempur utama dirancang dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Tiongkok NORINCO.
Persenjataan utama MBT-3000 terdiri dari meriam 125mm smoothbore yang dilengkapi dengan thermal sleeve dan fume extractor. Meriam ini diisi oleh loader otomatis yang berisi total 22 proyektil dan charge yang dapat dimuat dengan kecepatan delapan peluru per menit.
Tata letak keseluruhan dari VT-4 masih konvensional dengan kompartemen pengemudi di depan, kompartemen tempur di tengah dan mesin di bagian belakang.
Turret berada di tengah dan merupakan konstruksi all-welded steel armor dimana lapisan armor komposit ditambahkan pada sisi depan. Untuk meningkatkan perlindungan pada sisi samping, VT-4 dapat dilengkapi dengan explosive reactive armor (ERA). Keranjang penyimpanan dipasang pada bagian belakang dan sisi turret.
Sumber : http://armyrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb