China Kebut Kapal Induk Kedua, Siap Konfrontasi di Laut China Selatan - Radar Militer

06 Februari 2017

China Kebut Kapal Induk Kedua, Siap Konfrontasi di Laut China Selatan

China Kebut Kapal Induk Kedua
China Kebut Kapal Induk Kedua 

Walaupun kapal induk Liaoning masih menjalankan uji layar, PLAN (People’s Liberation Army Navy) atau AL China ternyata sudah ngebut untuk menyelesaikan pembangunan kapal induk kedua yang berkode Type 001A. Kapal induk yang dikerjakan di galangan kapal Dalian di dekat Shanghai sejak 2014 ini konon akan diberi nama Shandong, meneruskan penggunaan nama provinsi untuk kapal induknya. Nama Shandong tersebut terungkap dari siaran radio dan televisi di propinsi Shandong.
Proses konstruksi Shandong berlangsung dengan lancar, dimana bagian anjungan dan superstruktur sudah berhasil dipasang ke lambung kapal, sehingga diharapkan Shandong dapat diluncurkan ke permukaan air pada akhir tahun 2017.
Untuk hitungan kapal induk yang dibangun dari nol, waktu dua tahun dan sembilan bulan itu relatif cepat. Masih butuh beberapa tahun lagi bagi Shandong untuk menyelesaikan konstruksinya, termasuk pemasangan SEWACO atau Sistem Senjata dan Komunikasi sehingga dianggap layak tempur.
Dari segi desain, Shandong berbagi desain yang sama dengan Liaoning, termasuk dek yang menjulang ke atas untuk ski jump, atau yang dalam terminologi militer disebut dengan STOBAR (Short Take off But Arrested Recovery). Sistem lepas landas ini menuntut pesawat tempur yang hendak lepas landas dari dek menggunakan tenaganya sendiri untuk lepas landas dari permukaan yang sangat pendek, sehingga membatasi jumlah persenjataan dan bahan bakar yang harus dibawa.
Desain STOBAR juga tidak memungkinkan Shandong untuk membawa pesawat peringatan dini atau pesawat mata-mata karena pesawat tersebut membutuhkan landasan yang panjang untuk lepas landas dengan tenaganya sendiri. Akibatnya, pesawat tempur yang beroperasi harus mengandalkan panduan dari radar kapal yang terbatas, atau harus mengandalkan tangkapan dari radar OTH (Over The Horizon) yang ada di darat.
Pengoperasian jet tempur dari ski jump juga tidak ideal dan berbahaya. Terutama kalau terjadi masalah pada mesin seperti kasus celakanya MiG-29K atau Su-33 yang gagal lepas landas dari kapal induk Rusia Admiral Kusnetzov saat ditugaskan ke Suriah.
Di sisi lain, China sendiri juga dikabarkan gencar menguji coba sistem EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch Systems) seperti yang tengah dikembangkan AL AS untuk kapal induk kelas Ford. Satu platform EMALS dikabarkan sudah disiapkan China untuk fase uji coba lepas landas, sehingga apabila sistem tersebut sudah mencapai tahap kematangan. Shandong pun akan diretrofit untuk menerima EMALS, yang memungkinkannya untuk melepaskan pesawat tempur dengan muatan penuh.
Sementara itu, Liaoning sendiri baru-baru ini menyelesaikan patroli di Laut China Selatan, dimana kapal induk perdana China tersebut mengujicoba sistem elektronik dan persenjataannya pada pertengahan Januari 2017. Upaya China untuk unjuk kekuatan tersebut tentu tidak lepas dari sikap Amerika Serikat di bawah administrasi Presiden Trump yang ambil sikap menantang dominasi China atas pulau-pulau karang di LCS yang pelan-pelan dibangun dan dipersenjatai. Aryo Nugroho
Sumber : http://angkasa.co.id/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb