DSIT Pasok Sonar Pendeteksi Penyelam Portabel PointShield ke AL India - Radar Militer

22 Januari 2018

DSIT Pasok Sonar Pendeteksi Penyelam Portabel PointShield ke AL India

Portabel PointShield
Portabel PointShield 

DSIT Solutions Ltd. yang berpusat di Israel, telah menandatangani kontrak dengan Tata Power SED untuk memasok 78 PointShield Portable Diver Detection Sonar (PDDS) ke Angkatan Laut India.
Pesanan tersebut merupakan pesanan yang terbesar yang pernah ada di bidang sistem keamanan bawah laut.
Sistem PointShield yang dipasok ke Angkatan Laut India di bawah program pengadaan khusus yang disebut "Buy Make India". Di bawah program ini, beberapa Diver Detection Sonar akan dikirimkan oleh DSIT secara langsung sedangkan sisanya akan diproduksi oleh Tata Power SED di India dengan pengawasan dan dukungan DSIT.
Kementerian Pertahanan India memilih DSIT dan Tata Power SED setelah proses tender, di mana semua produsen Diver Detection Sonar internasional serta perusahaan India besar ikut berpartisipasi. Prosesnya meliputi uji coba laut yang ketat, evaluasi teknis dan penawaran komersial.
Dan Ben Dov, Vice President for Sales and Marketing DSIT, berkomentar, "Pesanan yang signifikan ini memperkuat posisi DSIT sebagai pemimpin pasar di bidang keamanan bawah laut. Ini menunjukkan kekhawatiran yang berkembang di kalangan angkatan laut, penjaga pantai dan organisasi lainnya, yang berusaha melindungi tempat-tempat penting di pesisir pantai atau lepas pantai dari serangan penyusupan dan sabotase bawah laut. Dengan AquaShield long range Diver Detection Sonar (DDS) and PointShield™ Portable DDS™ kami, kami siap untuk menjawab kebutuhan pasar."
Sistem pengaman bawah air DSS AquaShield™ dan PointShield™ digunakan oleh banyak pelanggan di seluruh dunia. Kedua sistem telah beroperasi selama bertahun-tahun untuk deteksi, pelacakan dan klasifikasi secara otomatis semua jenis ancaman bawah laut. Ancaman tersebut antara lain penyelam dengan closed circuit breathing aparatus, penyelam dengan open circuit breathing aparatus, unmanned underwater vehicle (UUV). Pointshield dapat digunakan untuk melindungi fasilitas vital seperti fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir, pangkalan angkatan laut, platform minyak dan gas atau kapal yang tengah melego jangkar.
Pointshield terdiri dari unit bawah laut, unit pemroses dan tampilan dan junction box. Unit bawah laut Pointshiled berukuran diameter 450mm, tinggi 710mm dan berat kurang dari 45kg. Pointshield dapat digunakan secara portabel, atau dipasang pada dermaga, tiang sandar (mooring pile), atau dipasang pada jangkar dibawah air. Jarak deteksinya untuk penyelam dengan closed circuit breathing aparatus adalah 500m dan penyelam dengan open circuit breathing aparatus sejauh 700m. Sensornya dapat meng-cover sektor yang diinginkan dari 0˚ hingga 360˚. Pointshield mampu menangani lebih dari 1.000 kontak secara sekaligus.
Pointshield dapat beroperasi secara terus menerus dalam segala cuaca dan kondisi air dan hanya memerlukan perawatan yang minimal. (Angga Saja - TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb