F-16V Phoenix Rising, Jawaban Taiwan untuk Ancaman Sang Naga - Radar Militer

03 September 2018

F-16V Phoenix Rising, Jawaban Taiwan untuk Ancaman Sang Naga

F-16V Phoenix Rising
F-16V Phoenix Rising 

Taiwan News (31/8) memberitakan bahwa Angkatan Udara Taiwan mungkin bisa sedikit bernapas lega. Maklumlah, Kementerian Pertahanan Taiwan mengumukan bahwa jet tempur F-16 Block 15 mereka sudah mulai menerima upgrade sehingga bisa memiliki kemampuan setara F-16V.
Program modernisasi 143 jet tempur F-16 itu dicakup dalam proyek bersandi Phoenix Rising, dimana pengerjaan upgrade ini akan dilakukan oleh perusahaan industri pertahanan dalam negerinya, AIDC (Aerospace Industrial Development Corporation) dengan asistensi dari perusahaan Lockheed Martin.
F-16V versi Taiwan ini memperoleh radar AESA AN/APG-83 SABR, sistem kendali penembakan baru, dan perkuatan pada struktur roda pendarat untuk mengantisipasi penambahan beban karena kapasitas gotong senjata yang meningkat.
F-16V Taiwan ini mengalami peningkatan pada jarak deteksi yang mencapai 30 persen, kemampuan jumlah deteksi target naik 220 persen, dan kemampuan perlindungan dirinya dari serangan elektronik maupun rudal lawan naik 180 persen.
Taiwan merogoh koceknya 5,3 milyar Dolar AS untuk memodernisasi seluruh jet tempur F-16-nya, dan keseluruhan program ini selesai kurang lebih pada 2022 sampai dengan 2023. Uji coba penerbangan F-16V ini dilakukan pilot uji Lockheed Martin. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb