India Kembali Hibahkan 2 Helikopter Mi-24 ke Afghanistan - Radar Militer

18 Oktober 2019

India Kembali Hibahkan 2 Helikopter Mi-24 ke Afghanistan


India telah menyerahkan dua helikopter terakhir dari empat helikopter serang Mil Mi-24 'Hind' buatan Rusia yang telah direfurbish yang telah dijanjikannya kepada Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan (ANDSF) pada awal 2018 untuk meningkatkan kemampuan counter-insurgency mereka.
Helikopter Mi-24
Helikopter Mi-24 
Kedua helikopter Mi-24V, yang dibeli dari Belarus, secara resmi diserahkan oleh Vinay Kumar, duta besar India untuk Afghanistan, pada upacara yang diadakan pada 15 Oktober di pangkalan Angkatan Udara Afghanistan (AAF) di Kabul, menurut Kedutaan Besar India di Kabul.
"[Mi-24] ini adalah pengganti untuk empat helikopter serang yang sebelumnya dihibahkan oleh India ke Afghanistan pada tahun 2015 dan 2016," kata pihak kedutaan, menambahkan bahwa platform yang dihibahkan akan membantu memastikan bahwa bahwa ANDSF dapat mempertahankan kemampuan yang "anti-terorisme yang cepat dan tangguh”.
Pernyataan itu merujuk pada empat helikopter serbu Mil Mi-25 hasil refurbish yang dikirim India ke ANDSF sebelumnya pada April 2015 sebagai bagian dari perjanjian strategis bilateral yang ditandatangani pada 2011 antara New Delhi dan Kabul. India menolak untuk menjelaskan apakah keempat Mi-25 tersebut telah hilang/hancur secara operasional atau hanya tidak beroperasi. Mi-25 adalah versi ekspor dari Mi-24D.
Pada bulan Maret 2018, duta besar Afghanistan untuk India, Shaida Mohammad Abdali, mengatakan kepada surat kabar Hindustan Times bahwa Mi-24 diperoleh di bawah perjanjian trilateral yang ditandatangani antara Afghanistan, Belarus, dan India.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  janes.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb