Senapan Serbu Baru QBZ-191 Tiongkok - Radar Militer

28 Oktober 2019

Senapan Serbu Baru QBZ-191 Tiongkok


Pada parade militer tentara Tiongkok yang diadakan di Beijing pada 1 Oktober 2019 lalu, Tiongkok menampilkan senapan serbu baru yang dikembangkan oleh No.208 Research Institute of China Ordnance Industries, pengembang senapan QBZ-95, menurut China Central Television (CCTV).
Senapan Serbu QBZ-191 Tiongkok
Senapan Serbu QBZ-191 Tiongkok 
Menurut Blog Fire Arms, senapan baru itu dinamai "QBZ-191", desainnya mirip dengan senapan serbu/karabin standar.
Senapan itu sangat andal, terasa nyaman untuk dioperasikan, menembak dengan akurasi sangat tinggi dan memiliki recoil lebih kecil, kata Li Xiang, seorang penembak uji di lembaga penelitian, mengatakan kepada CCTV, sembari menegaskan bahwa segi ergonomi senjata tersebut cocok di medan perang.
Menurut analisis pertama armyrecognition, senapan serbu Tiongkok yang baru dipamerkan di parade militer Tiongkok tersebut tampaknya merupakan senapan serbu konvensional dengan piston stroke pendek yang dioperasikan dengan gas. Senapan baru itu dirancang dalam tiga varian, versi karabin dengan laras 10,5", senapan serbu dengan laras 14,5" dan ada juga senapan penembak jitu dengan laras yang lebih panjang lagi, berdasarkan beberapa gambar yang dirilis di Twitter.
Desainnya sangat mirip dengan senapan serbu modern yang dirancang di Eropa dan Amerika Serikat dengan rel Picatinny panjang di atasnya. Bagian atas senjata juga dilengkapi dengan optik baru yang tampaknya sangat mirip dengan red dot sight. Berkat desain optik, titik merah mengikuti pergerakan mata penggunanya sambil tetap pada target, menghilangkan kebutuhan untuk melakukan centering. Senapan ini juga memiliki popor telescoping 4-posisi yang dapat dilipat.
Menurut sumber-sumber Tiongkok, senapan baru ini menggunakan amunisi jenis baru kaliber 5.8x42mm yang memiliki kinerja lebih baik pada jarak menengah hingga jarak jauh. Senapan memiliki jarak tembak efektif 300 m untuk versi karabin dan 400 m untuk versi senapan serbu dengan rate of fire teoritis 750 rpm (Rounds Per Minute).(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb