AH-64 Apache Milik AU India Melakukan Pendaratan Darurat - Radar Militer

18 April 2020

AH-64 Apache Milik AU India Melakukan Pendaratan Darurat

radarmiliter.com - Sebuah helikopter serang AH-64E Apache Angkatan Udara India (IAF) melakukan pendaratan darurat di negara bagian Punjab, India pada hari Jumat (17/04)
Helikopter itu dilaporkan lepas landas dari Pangkalan Angkatan Darat Pathankot dan mengalami gangguan teknis, setelah itu melakukan pendaratan darurat di sebuah lapangan di Punjab.
AH-64 Apache Milik AU India
AH-64 Apache Milik AU India  
Dua pilot helikopter tersebut selamat, dan tidak ada kerusakan lain pada helikopter.
Kementerian Pertahanan India kemudian mengeluarkan siaran pers yang mengonfirmasi kejadian tersebut:
"Pada 17 April 2020, sebuah helikopter Apache AU India lepas landas udara dari Pathankot Airbase. Helikopter tersebut setelah kira-kira 1 jam terbang menunjukkan indikasi adanya gangguan kritis dan melakukan pendaratan darurat dengan selamat di barat Indora, Punjab. Pilot helikopter mengambil tindakan yang benar dan cepat untuk menyelamatkan helikopter dengan aman. Semua awak helikopter selamat dan tidak ada kerusakan pada properti apa pun. Pesawat akan dievakuasi setelah perbaikan yang diperlukan."
AU India mengoperasikan 17 helikopter AH-64E Apache baru pada tahun 2019. Helikopter-helikopter itu adalah bagian dari 22 helikopteryang dipesan dari kesepakatan senilai $ 2 miliar (INR 13.952 crore) yang ditandatangani dengan Boeing pada tahun 2015. Perusahaan Boeing dijadwalkan untuk mengirimkan helikopter yang tersisa di tahun ini.
Kementerian Pertahanan India sedang dalam proses mengevaluasi pengadaan enam Apache tambahan untuk Angkatan Darat India, sehingga nanti AU dan AD India akan sama-sama mengoperasikan helikopter Apache.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb