Destroyer HMS Diamond (D34) Milik AL Inggris Seharga Rp17,9 Triliun Alami Kerusakan - Radar Militer

26 November 2017

Destroyer HMS Diamond (D34) Milik AL Inggris Seharga Rp17,9 Triliun Alami Kerusakan

Destroyer HMS Diamond (D34)
Destroyer HMS Diamond (D34)  

Salah satu kapal perang yang paling canggih milik Angkatan Laut Inggris harus membatalkan misinya di Teluk Persia dan kembali ke Inggris karena mengalami kerusakan. Kapal tersebut harganya mencapai sekitar 1 miliar poundsterling atau sekitar Rp17,9 triliun.
Rusaknya kapal perang HMS Diamond (D34) dari Type 45 itu membuat Inggris tidak memiliki kapal perusak yang layak untuk saat ini, karena lima kapal sejenis lainnya juga sedang menjalani perawatan.
Kapal perang HMS Diamond (D34), yang berada dalam misi 9 bulan untuk melindungi rute perdagangan di wilayah Teluk Persia, terpaksa pulang setelah menjalani misi dua bulan.
”Kami dapat mengonfirmasi bahwa HMS Diamond telah mengalami masalah teknis, namun kami tidak membahas keadaan material kapal operasional kami dan tidak dapat berkomentar lebih lanjut,” kata pihak Angkatan Laut Inggris melalui seorang juru bicara, seperti dikutip Russia Today, Jumat (24/11/2017).
Sejumlah media Inggris melaporkan bahwa bahwa kapal mahal itu mengalami masalah dengan baling-baling yang gagal diperbaiki di laut. Kapal tersebut akan bergabung dengan lima kapal perusak lainnya, yang menjalani perbaikan dan perawatan.
Semua kapal perang itu dibangun oleh BAE Systems dan Rolls-Royce. Selain masalah mesin, kapal-kapal perang anggota NATO itu juga kekurangan pelaut.
Kerusakan kapal itu juga membuat Inggris tidak mampu memenuhi komitmennya terhadap sekutu NATO di Teluk. Sebab, saat ini tidak ada pengganti untuk kapal HMS Diamond (D34). (Muhaimin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb