PT Pindad Kirim 29 Unit Panser Anoa 6x6 untuk Pasukan Perdamaian PBB MINUSCA di Afrika Tengah - Radar Militer

13 Januari 2018

PT Pindad Kirim 29 Unit Panser Anoa 6x6 untuk Pasukan Perdamaian PBB MINUSCA di Afrika Tengah

Panser Anoa 6x6
Panser Anoa 6x6 

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan perusahaannya sudah merampungkan pesanan panser Anoa untuk pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Kendaraan angkut tempur ini akan menjadi bagian dari misi MINUSCA (Multidimensional Integrated Stabilization Mission in Central Africa Republic). “Totalnya 29 unit pesanan panser Anoa untuk pasukan perdamaian MINUSCA,” kata Abraham di Bandung, Selasa, 9 Januari 2018.
Menurut Abraham, sedikitnya ada 3 misi pasukan perdamaian PBB yang mengoperasikan Anoa buatan PT Pindad yakni misi UNAMID di Sudan, UNIFIL di Lebanon, dan MINUSCA di Afrika Tengah. Berdasarkan catatan PT Pindad, ada 80 unit panser Anoa yang digunakan dalam misi perdamaian PBB.
Abraham menjelaskan, pemesanan persenjataan tahun ini masih berasal dari dalam negeri. Pada 2017, PT Pindad membukukan pendapatan Rp 2,5 triliun. “Labanya kurang lebih Rp 53 miliar,” kata Abraham. Pada 2018 ini, pendapatan Pindad diproyeksikan Rp 2,9 triliun.
Sejumlah produk baru PT Pindad, kata Abraham, tengah disiapkan. Salah satunya eksavator ampibi. “Teknologinya merujuk ke Anoa Amphibious untuk pengeruk lumpur sungai,” ujar Abraham sembari menambahkan bahwa sejumlah pemerintah daerah tertarik memesan produk tersebut.
PT Pindad, kata Abraham, juga sudah mendaftarkan varian eksavator ampibi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Melalui LKPP ini produk buatan PT Pindad otomatis terdaftar dalam katalog elektronik badan tersebut. "Pemerintah daerah bisa langsung memesan. Permintaan sudah ada. Karena itu, kami harus segera membuat prototipenya."

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb