Kenapa Tidak Ada Pesawat Tua? Tidak Ada Pula Pesawat Rongsokan - Radar Militer

10 April 2017

Kenapa Tidak Ada Pesawat Tua? Tidak Ada Pula Pesawat Rongsokan

 C-130B Hercules
 C-130B Hercules 

Menurut anda, berapakah usia penggunaan suatu pesawat? Apakah 10 tahun, 25 tahun atau bahkan 50 tahun? Tak ada jawaban yang tepat, karena ternyata sebuah pesawat tidak memiliki usia pakai. Jadi sejatinya tidak ada pesawat yang tua dan tidak ada pesawat yang rongsokan.
Sebagai contoh, pesawat C-130B Hercules yang masuk lebih dulu ke tubuh TNI Angkatan Udara (AU) ketimbang F-5E/F Tiger II, ternyata masih dapat dioperasikan dengan baik. Sementara jet tempur F-5E/F Tiger II telah purna tugas lebih dulu ketimbang pesawat angkut berat C-130B Hercules.
“Mengenai usia, berapa tahun idealnya pesawat Hercules atau pesawat-pesawat yang lain, saya kira tidak ada aturan ataupun manual yang dikeluarkan oleh pabrik yang menentukan seberapa usia pakai suatu pesawat. Mungkin walaupun bahasa ini kesannya sering kita dengar, bahwa tidak ada pesawat yang tua, tidak ada pesawat yang rongsokan,” terang Komandan Lanud Abdul Rahman Saleh, Marsma TNI Julexi Tambayong, beberapa waktu lalu kepada penulis.
Jika menengok ke Amerika Serikat, hingga saat ini pesawat-pesawat sisa perang dunia kedua masih terbang dan layak untuk terbang. Poin pentingnya adalah selama pesawat terawat dengan baik, seluruh komponennya yang digunakan sesuai dengan standarnya, maka sebuah pesawat akan mampu dan layak untuk tetap terbang.
“Ya pesawat itu yang ada adalah yang serviceable dan non-serviceable. Jadi batas usianya tidak bisa kita tentukan,” kata sang mantan Panglima Kosekhanudnas I ini.
Terkait dengan pesawat C-130 Hecules yang masih melakukan pengabdian, alumni AAU 1988 ini mengatakan bahwa pesawat C-130 Hecules pun sudah mengalami beberapa kali perbaikan melalui service life extension program (SLEP) untuk memperpanjang usia pakai.
“Jadi walaupun C-130B Hercules buatan tahun 1960-an, tapi kalau kita lihat strukturnya sudah banyak yang mengalami perubahan-perubahan, termasuk beberapa retrofit yang dilaksanakan terhadap pesawat tipe B, pesawat yang paling lama. Itu sudah mengalami retrofit yang sebenarnya meningkatkan kemampuan termasuk memperpanjang usia pakai,” jelas Julexi. Fery Setiawan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb